Khairiyah, Siiti (1994) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar di SMA-Negeri 1 Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
134_SITI KHAIRIYAH_ NIM _89 1500 5345_1994.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap individu dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, Sehingga sifatnya mutlak dalam rangka meningkatkan kualitas seseorang. Meningkatnya kualitas seseorang dilakukan dengan cara belajar. Belajar merupakan aktivitas siswa yang mengarah kepada perubahan-perubahan dan perkembangan seperti berpikir, berbuat dan sejenisnya yang bersifat positif. Belajar mempunyai keterkaitan erat dengan kedisiplinan yaitu Disiplin belajar dan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan Disiplin belajar dengan prestasi belajar dan Apakah ada pengaruh Disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa-siswa di SMA Negeri 1 Palangkaraya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Disiplin belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Untuk itu diajukan hipotesa ada pengaruh antara Disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Palangkaraya.
Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 57 orang siswa yaitu 10% dari populasinya berjumlah 575 orang. Teknik yang dipakai dalam penarikan sampel adalah proposive sampling dan random sampling, Sedangkan dalam pengumpulan data dipergunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Selain itu kepala sekolah, bagian kurikulum, kepala tu dan dewan guru SMA Negeri 1 Palangkaraya sebagai informan. Analisa data dan pengujian hipotesa diperlukan metode kuantitatif dengan rumus r produk moment, dan regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin belajar siswa cukup atau sedang dengan rincian sebagai berikut; sebanyak 40,35% disibu tinggi dan sebesar 59,65% disiplin sedang, Sedangkan disiplin rendah tidak ada. mengenai prestasi belajar diambil dari nilai rata-rata semester genap. Ternyata yang mendapat ikan nilai baik 52,63% yaitu siswa yang memperoleh nilai rata-rata 7, yang memperoleh nilai sedang sebesar 47,3 7% dengan nilai rata-rata 6 -6,99 sedangkan memperoleh nilai rendah yaitu lebih kecil 6 tidak ada.
Antara Disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa Terdapat hubungan di mana RO = 0,42 dan RT = 0,250 yang berarti signifikan. Jadi dengan taraf kepercayaan 95% dimana ro lebih besar daripada R tabel sehingga hipotesa yang diajukan dapat diterima.
Untuk mengetahui adanya signifikansi korelasi maka dilanjutkan dengan rumus t hitung, t-hit 3 dan t tabel 2.00 dengan taraf kepercayaan 95% di mana t lebih besar daripada T tabel yang berarti signifikan.
Adapun Disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa terdapat pengaruh di mana terbukti bahwa koefisien arah regresi tidak berlawanan dengan koefisien arah, tetapi berarti ditolak sebab epid = 11,907 lebih besar 0,253 n tabel. artinya koefisien korelasi nyata adanya. Selanjutnya hasil para penamaan regresi linier melawan tidak linier diterima secara sah dan signifikan sebagai hit = 0,0188 lebih kecil 0,253 F tabel. Dengan demikian ada pengaruh antara Disiplin belajar dengan prestasi belajar sehingga hipotesa yang diajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar,prestasi, SMA Negeri 1 Palngkaraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 00:51 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 00:51 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |