Efektifitas Belajar Siswa Dalam Membentuk Kepribadian anak pada Lembaga Pendidikan Islam Darul úlum Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya

Mukmilah, Mukmilah (1994) Efektifitas Belajar Siswa Dalam Membentuk Kepribadian anak pada Lembaga Pendidikan Islam Darul úlum Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
127_MUKMILAH_NIM_8715003884_1994.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pembentukan kepribadian anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pendidikan di sekolah. kegiatan pendidikan di sekolah memungkinkan siswa sebagai subjek pendidikan dapat belajar secara efektif pula yang tidak lepas peranannya dalam membentuk kepribadian anak.
Untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas belajar anak dalam kegiatan belajar mengajar terhadap pembentukan kepribadian anak perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini mengambil lokasi pada lembaga pendidikan Islam Darul Ulum Kelurahan Pahandut kota madya Palangkaraya. Dengan harapan setelah diketahui adanya efektivitas belajar dalam kegiatan belajar mengajar terhadap pembentukan kepribadian anak, dapat berguna sebagai bahan informasi bagi yang berkepentingan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut, dan bahan studi bagi peneliti berikutnya.
Untuk mengkaji efektivitas belajar dalam kegiatan belajar mengajar terhadap pembentukan kepribadian anak pada lembaga pendidikan Islam Darul Ulum Palangkaraya digunakan teknik uji korelasi R produk moment dengan teknik Uji signifikansi T hitung.
Setelah dilakukan penelitian dengan menetapkan 48 siswa dari keseluruhan jenis sekolah pada lembaga pendidikan Islam Darul Ulum serta para Kepala sekolah dan guru-guru maupun semua pihak pengelola lainnya sebagai informan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter dapat diketahui bahwa tingkat efektivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup efektif dengan nilai rata-rata 21,21 dan Bentuk kepribadian anak yang sangat baik dengan nilai rata-rata 33,5.
Berdasarkan hasil analisa diperoleh angka indeks korelasi R produk moment sebesar 0,5479 yang ternyata lebih besar dari nilai R tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,288 dan pada taraf signifikasi satu persen yaitu 0,372, selanjutnya dari hasil uji signifikansi t hitung diperoleh nilai T hasil perhitungan sebesar 3,065 yang ternyata juga lebih besar daripada T tabel pada taraf signifikasi satu persen yaitu 2,69. Maka berarti terdapat peran dengan korelasi yang cukup dan positif serta signifikan antara tingkat efektivitas belajar anak dalam kegiatan Belajar mengajar terhadap pembentukan kepribadian anak pada lembaga pendidikan Islam Darul Ulum Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitasbelajar, siswa,kepribadian,Kotamadya Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:02
Last Modified: 17 Jun 2025 01:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5934

Actions (login required)

View Item View Item