Studi Perbandingan Tingkat Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan agama Islam antara yang Menggunakan Media Pengajaran Dengan yang Tanpa Menggunakan Media Pengajaran dalam proses belajar Mengajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Bereng Bengkel Palangkaraya

Junaidi, Junaidi (1995) Studi Perbandingan Tingkat Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan agama Islam antara yang Menggunakan Media Pengajaran Dengan yang Tanpa Menggunakan Media Pengajaran dalam proses belajar Mengajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Bereng Bengkel Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
145_ JUNAIDI_NIM_9002005544_1995.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan siswa memahami materi pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya adalah penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sedang. di
Signifikansi penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pemahaman siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam antara aktivitas guru mengajar menggunakan media pengajaran dengan aktivitas guru guru mengajar tanpa menggunakan media pengajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 bearing bengkel Kotamadya Palangkaraya.
Untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran pendidikan agama Islam antara aktivitas guru mengajar menggunakan media pengajaran dengan aktivitas guru mengajar tanpa menggunakan media pengajaran, pada penelitian ini digunakan alat analisa tes T. Untuk mengetahui signifikan sinya t hitung yang diperoleh dikonsultasikan dengan t tabel.
Penelitian dilakukan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 10 September 1995. Jumlah sampel sebanyak 48 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas 2 1 dengan kelas 2 yang beragama Islam. Kepala sekolah wakil kepala sekolah kepala tata usaha dan guru agama Islam menjadi informan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbandingan untuk menganalisa data primer, wawancara studi perpustakaan, observasi dan tes.
Studi perbandingan yang dilakukan adalah dengan memberikan perlakuan yang berbeda dari dua kelas perbandingan dengan langsung diambil nilai post test setelah diberi perlakuan yang berbeda sehingga langsung dapat dilihat hasil dari perlakuan tersebut. Perlakuan memberikan secara bergantian pada dua kelas perbandingan, hingga sampel tidak terpisah, hanya dibedakan atas perlakuan .
Setelah dilakukan perhitungan maka diperoleh mean variabel x perlakuan satu sama dengan 70,17, dan nilai variabel y perlakuan dua sama dengan 64,17, nilai SD variabel x = 7,28 dan nilai SD variabel y = 12,44, nilai SD variabel x = 1,06 dan nilai se variabel y = 1,81. Nilai standar error variabel x dan nilai standar error variabel y apabila dikurangi maka diperoleh nilai 2,975. Maka nilai T observasi sama dengan 2,86 dan dikonsultasikan pada T tabel pada taraf signifikasi 5% = 1,99, Sedangkan pada tahap signifikansi 1% = 2,63. Karena nilai T hitung lebih besar dari nilai T tabel maka hipotesa nihil yang berbunyi tidak ada perbedaan ditolak secara meyakinkan, Sedangkan hipotesa alternatif yang berbunyi ada perbedaan diterima secara meyakinkan.
Dengan pembuktian penelitian ini diharapkan kepada tenaga pendidik, khusus di mene be mengu Peng media tujuan, agar dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan, dan agar lebih meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa,PAI,SMP Negeri 1 Bereng Bengkel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:33
Last Modified: 17 Jun 2025 01:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item