Studi Tentang Pengalaman Penataran Kependidikan Hubungannya Dengan Kemampuan Guru Mengelola Administrasi Kurikulum Pada SMP IV Palangkaraya

Hasmawati, Hasmawati (1995) Studi Tentang Pengalaman Penataran Kependidikan Hubungannya Dengan Kemampuan Guru Mengelola Administrasi Kurikulum Pada SMP IV Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
143_HASMAWATI_NIM_9015005436_1995.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penataran adalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan profesional yang dimiliki oleh guru, kemampuan dimaksud diantaranya adalah kemampuan dalam mengelola administrasi kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang pengalaman Penataran kependidikan hubungannya dengan kemampuan guru mengelola administrasi kurikulum di SMP 4 Palangkaraya. Di samping mengetahui juga mengemukakan permasalahan pokok penelitian ini. yaitu Adakah hubungan antara tingkat pengalaman mengikuti Penataran pendidikan dengan kemampuan guru mengelola administrasi kurikulum di SMP 4 Palangkaraya.
Populasi Dalam penelitian ini berjumlah 33 orang guru yang telah mengikuti Penataran dari 45 orang guru yang ada di SMP 4 Palangkaraya.
Untuk memperoleh data tentang tingkat pengalaman mengikuti Penataran dan kemampuan mengelola administrasi kurikulum digunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. sedangkan analisa data dan pengujian hipotesis menggunakan rumus koordinasi produk moment dan regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari interpretasi Data diperoleh tingkat pengalaman mengikuti Penataran kependidikan tergolong cukup yaitu sebanyak 19 orang guru atau 57,58% dan kemampuan mengelola administrasi kurikulum juga tergolong cukup baik yaitu sebanyak 24 orang guru 72,73%.
Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengalaman mengikuti Penataran kependidikan dengan kemampuan mengelola administrasi kurikulum dilakukan dengan Mencari nilai r, dan diperoleh R sebesar 0,53 dan terletak diantara 0,40 - 0,70 yang berarti mempunyai hubungan yang sedang cukup.
Pada tahap signifikansi 5% T tabel sama dengan 2,01 dan pada taraf signifikasi 1% = 2,75 sedangkan t hitung diperoleh sebesar 3,47 yang berarti hipotesis pertama yang diajukan dapat diterima.
Sedangkan untuk menguji hipotesis kedua yang berbunyi semakin tinggi tingkat pengalaman mengikuti Penataran kependidikan maka akan semakin baik kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi kurikulum. Dilakukan dengan mencari persamaan regresi linear dan diperoleh sebesar y = 1,5 + 0,43 X kemudian diuji ke linearnya maka diperoleh F hasil perhitungan sebesar 12,1653 lebih besar dari tabel TV 31 = 6,258 Dan dari hasil perhitungan diperoleh 0,4383 lebih kecil daripada F tabel DP 30 = 6,258, berarti hipotesis kedua dapat diterima dengan kontribusi X terhadap y sebesar 28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penataran,kependidikan,administrasi kurikulum,SMPIV Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:35
Last Modified: 17 Jun 2025 01:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5908

Actions (login required)

View Item View Item