Anwar, Samsul (1996) Studi Korelasi Antara Aktivitas Wali Kelas Sebagai Koordinator Kelas Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Sampit. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
201_SAMSUL ANWAR _NIM_9015005396_1996.pdf Download (10MB) |
Abstract
Wali kelas adalah seorang guru yang diangkat oleh sekolah berdasarkan hasil keputusan rapat dewan guru dengan kepala sekolah. Wali kelas dipercayakan dan dibebani tanggung jawab untuk membimbing dan mengasuh Suatu kelas di mana ia mengajar. Tugas seorang wali kelas adalah mengkoordinir kelas di mana ia yang menjadi walinya, Sedangkan aktivitas yang dimaksudkan adalah untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang baik, agar dapat menimbulkan kedisiplinan belajar siswa dalam proses belajar mengajar secara optimal.
Kedisiplinan belajar siswa merupakan salah satu bagian aktivitas siswa yang benar peranannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya kedisiplinan belajar maka siswa dengan mudah dapat mencerna dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Timbulnya kedisiplinan belajar siswa akibat dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan dari luar dari siswa. Faktor dari luar Salah satunya yang dimaksud pada penelitian ini adalah dari wali kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya korelasi dan pengaruh antara aktivitas wali kelas sebagai koordinator kelas dengan kedisiplinan belajar siswa dan hipotesis kedua adalah semakin baik wali kelas mengkoordinir kelas semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampit.
Sebagai populasi adalah semua siswa kelas 1 dan kelas 2 yang berjumlah 552 orang, dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 10%, yaitu sebanyak 55 orang, karena sampelnya kelas 1 dan kelas 2, maka wali kelasnya pun diambil dari kelas 1 dan kelas 2, yaitu sebanyak 12 orang. Dalam penarikan sambal digunakan rondum sampling, Sedangkan untuk pengambilan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, Wawancara dan angket. Setelah data terkumpul dimasukkan dan disajikan dalam bentuk uraian dan tabel. Khusus dalam bentuk tabel dilanjutkan dengan menghitung frekuensi jawaban responden berdasarkan analisa kualitatif. Sedangkan untuk mencari tingkat aktivitas wali kelas dan kedisiplinan belajar siswa serta menganalisa secara kuantitatif menggunakan rumus korelasi kontingensi dan rumus regresi linear sederhana digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh.
Dari analisa kualitatif bahwa nilai tertinggi yang dimiliki responden pada variabel x adalah 58,33%Yang berada pada kategori cukup sedangkan nilai tertinggi yang dimiliki variabel y adalah 5 4,54% yang berada pada kategori Tinggi. Dengan demikian terlihat bahwa aktivitas wali kelas dan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampit berada pada kategori baik dan tinggi.
Dari hasil analisakual kuantitatif dengan menggunakan rumus condigenosi yang diambil dari skor aktivitas wali kelas dan kedisiplinan belajar siswa diperoleh nilai phb = 0,50 dan t hitung adalah 4,833 pada tahap signifikasi 5% diperoleh nilai T tabel 2.01 pada taraf signifikasi 1% diperoleh nilai tabel 2.68 jadi antara aktivitas wali kelas sebagai koordinator kelas dengan Disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampit terdapat korelasi yang cukup sedang dan signifikan.
Untuk mengetahui berpengaruh tidaknya aktivitas wali kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa diuji rumus regresi linier sederhana dan diperoleh nilai a = 1,740 dan b = 0,358. Dari hasil ini dapat diperkirakan perubahan y apabila X diketahui persamaannya, maka persamaan adalah y apabila X diketahui persamaannya maka persamaan adalah y = a + b x. Semakin tinggi nilai x maka semakin tinggi pula nilai y, dengan demikian dapat diketahui bahwa semakin baik aktivitas wali kelas mengkoordinir kelas semakin tinggi pula aktivitas wali kelas mengkoordinir kelas semakin tinggi pula kedisiplinan belajar siswa dengan kata lain aktivitas wali kelas sebagai koordinator kelas berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampit.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa ada hubungan dan pengaruh antara aktivitas wali kelas sebagai koordinator kelas dengan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi,aktivitas walikelas,kediplinan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:39 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |