Pandangan Masyarakat Tentang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Swadaya Masyarakat Dalam Pembangunan Pendidikan (Studi Pada Desa Tertinggal pantai Harapan Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur)

Suyanto, Suyanto (1996) Pandangan Masyarakat Tentang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Swadaya Masyarakat Dalam Pembangunan Pendidikan (Studi Pada Desa Tertinggal pantai Harapan Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
200_SUYANTO_ NIM_90 15005425_1996.pdf

Download (10MB)

Abstract

Salah satu sasaran utama pembangunan pada tahap mempersiapkan bangsa Indonesia mampu tinggal Landas pada Pelita 1 tahap 2 nanti adalah terciptanya manusia dan masyarakat Indonesia yang berkualitas. Dalam hubungan ini pendidikan yang hendak dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia. dalam proses pencapaian tujuan membentuk manusia berkualitas, pendidikan menjadi sangat penting dan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat itu sendiri. Keterlibatan Masyarakat khususnya masyarakat pedesaan terhadap pendidikan menjadi sangat diperlukan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup, karena keberhasilan pendidikan Tidak hanya ditentukan oleh pemerintah tetapi juga diperlakukan partisipasi masyarakat serta mengembangkan prakarsa dan aktivitas masyarakat dalam pendidikan.
Partisipasi dan sikap kemandirian tidak bisa dikembangkan apabila pandangan masyarakat tentang pendidikan tidak mendukung ke arah itu. Maka perlu kita kaji pandangan masyarakat tentang pendidikan dan pengaruhnya terhadap aktivitas mereka dalam kegiatan pembangunan pendidikan.
Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pengaruhnya pandangan masyarakat tentang pendidikan dengan aktivitas mereka dalam mengembangkan pendidikan dirasa perlu adanya penelitian ini. Kegunaan Penelitian adalah untuk menjawab Adakah hubungan dan pengaruhnya pendapat masyarakat tentang pendidikan dengan aktivitas mereka dalam kegiatan pembangunan pendidikan pada desa tertinggal pantai Harapan. Dengan diketahui ada hubungan dan pengaruhnya pandangan masyarakat tentang pendidikan dengan aktivitas mereka mengembangkan pendidikan maka penelitian ini akan mempunyai arti yang berguna sebagai informasi bagi semua pihak yang terkait dalam meningkatkan kualitas hidup manusia.
Penulis dalam melaksanakan Penelitian pada desa tertinggal pantai harapan menggunakan metode dokumenter, observasi, kuesioner dan wawancara. Setelah mengadakan wawancara kepada 53 responden, maka diperoleh perhitungan angka dengan menggunakan rumus korelasi produk moment sebesar 0,67 yang apabila dihubungkan dengan interval korelasi produk moment berada diantara 0,40-0,70 sehingga dapat dikatakan ada hubungan walaupun pada kualifikasi sedang atau cukup. Yang berarti ada hubungan sedang aktivitas mereka mengembangkan pendidikan. Kemudian kalau dibandingkan 0,67 dengan besarannya R tabel dengan memperhatikan df-nya diperoleh R tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh angka sebesar 0,273 dan 0,345 pada tahap signifikan satu persen.. ternyata 0,67 lebih besar daripada R tabel, dapat diterima Ho ditolak. Hal ini dapat dinyatakan pula dengan perhitungan t hit yang menunjukkan nilainya lebih besar tahap 8,69 lebih besar t tabel 2,01 dan t-hit 8,69 lebih besar t tabel 2.68 baik pada taraf kepercayaan 95% maupun taraf kepercayaan 99%.
Kemudian untuk mengetahui pengaruh pandangan masyarakat tentang pendidikan terhadap aktivitas mereka mengembangkan pendidikan dapat dicari melalui perhitungan regresi dengan mengetahui koefisien antara nilai a = 1 dan nilai B = 0,67 dengan diketahui nilai a dan b maka persamaan garis regresinya y = 1 + 0,67(X). nilai y dapat dicari Apabila diketahui harga X, misalnya harga x adalah 0 maka skor yang mungkin dicapai sama dengan 1 + 0,67 y = 1. ini berarti setiap kenaikan y = 0,67 satuan dengan harga a konstan. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara pandangan masyarakat tentang pendidikan terhadap aktivitas mereka dalam pembangunan pendidikan walaupun dalam kategori sedang.
Oleh karena itu pandangan masyarakat tentang pendidikan kaitannya dengan aktivitas mereka dalam pembangunan pendidikan terus ditingkatkan sehingga akan tercapai manusia Indonesia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,pengaruh,swadaya masyarakat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:40
Last Modified: 17 Jun 2025 01:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item