Sugiannor, Sugiannor (1996) Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Pada SD Negeri Se Kelurahan Langkai Kodya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
198_SUGIANNOR_NIM_9145011835_1996.pdf Download (11MB) |
Abstract
Profesionalisme guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar, jadi setiap guru sudah seharusnya profesional dalam melaksanakan tugasnya. Tidak terkecuali guru pendidikkan agama Islam pada SD Negeri Kelurahan mangkai dia Palangkaraya karena dengan tingkat profesional guru yang tinggi diharapkan keberhasilan mencapai tujuan yang tinggi pula.
Oleh karena itu untuk meningkatkan profesional guru tersebut diperlukan adanya peran serta kepala sekolah. Peran kepala sekolah adalah suatu usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya dalam rangka meningkatkan profesional guru agar tujuan pendidikan tercapai dengan efektif dan efisien. Usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam terdapat dilakukan melalui rapat, diskusi, seminar, observasi kelas, pemberian arahan, Penataran pelatihan dan lain-lain.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka diajukan pokok permasalahan penelitian ; Bagaimana tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam pada SD Negeri se Kelurahan 1 bangkai kodia Palangkaraya, Bagaimana usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam, dan adakah pengaruh usaha kepala sekolah terhadap peningkatan profesional guru Pendidikan Agama Islam pada SD Negeri Kelurahan Langkai kodia Palangkaraya, dengan tujuan ingin mengetahui tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam, ingin mengetahui usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam dan ingin mengetahui pengaruh usaha kepala sekolah terhadap peningkatan profesional guru Pendidikan Agama Islam pada 60 Negeri Kelurahan langka Eko dia Palangkaraya. Sehingga di tengah kan hipotesa pertama ada peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru pendidik agama Islam pada SD Negeri Kelurahan Langkai kodia Palangkaraya. Dan hipotesa kedua makin tinggi tingkatan keterlibatan kepala sekolah, maka semakin tinggi pula tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam pada SD Negeri Kelurahan Langkai kota Palangkaraya.
Penelitian ini ditujukan kepada 24 orang kepala sekolah dan 24 orang guru pendidik agama Islam pada sekolah dasar negeri Kelurahan Langkai kodia Palangkaraya yang dijadikan sebagai objek penelitian yang dijadikan Sampel total. Selanjutnya data di analisis menjadi data tertulis dan data tidak tertulis yang digali dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Data yang berhasil dikumpulkan diolah dengan tahap editing, coding, tabulating dan analicing.
Untuk mengetahui korelasi hubungan dua variabel yang diteliti, data yang disajikan dalam tabel korelasi dan diolah dengan rumus masing-masing, pertama produk moment dan dilanjutkan dengan teknik, sedangkan rumus kedua regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru berada pada kualifikasi tinggi 4,83%, sedang 41,66% dan terendah 12,50%. Sedangkan tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam berada pada kualifikasi tinggi 50,00% sedang 41,66% dan terendah 8,33%. antara usaha yang dilakukan kepala sekolah dengan tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam terdapat korelasi pada kualifikasi sedang atau cukup, dimana hasil r x y = 0,536 berada diantara 0,40 - 0,70 pada tabel interprestasi produk moment. Kemudian untuk mengetahui signifikannya dilanjutkan dengan rumus t. Dari perhitungan dehid didapatkan nilai sebesar 2,977 dan nilai Ti tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,070. ternyata Ti 2,977 lebih besar dari t tabel 2.070. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara usaha yang dilakukan kepala sekolah dengan tingkat profesional guru pendidik agama Islam pada SD Negeri Kelurahan langka ikut dia Palangkaraya. Adab berpengaruh usaha kepala sekolah terhadap tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam berada pada kualifikasi 0,5 di mana menurut perhitungan sama dengan 1,25 dan b = 0,5 atau Y 1,25 + 0,5 = 1,75. Ternyata setiap kenaikan satuan X akan menyebabkan kenaikan y. dengan demikian semakin banyak usaha yang dilakukan kepala sekolah maka semakin tinggi pula tingkat profesional guru Pendidikan Agama Islam pada SD Negeri Kelurahan rangkaian kegiatan Palangkaraya.
Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak yang berperan untuk memperhatikan dan meningkatkan perannya sehingga diharapkan terciptanya tenaga pengajar yang profesional . Jadi penelitian ini agar dapat menjadi bahan informasi dan menambah pengetahuan bagi peneliti lain yang mendalami masalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru. Serta guna mengomong Bina dan mengembangkan SD Negeri Kelurahan Langkai hotya Palangkaraya khususnya dalam hal meningkatkan profesional guru pendidik agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran kepala sekolah,provesional,pai, SDN se Kelurahan Langkai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:42 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |