Salasiah, Salasiah (1996) Pengaruh Menonton Felm Seri Cerita Anak Pada Televisi Terhadap Hasil Belajar Anak Sekolah Dasar Di Danau Seha Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut KotamadyaPalangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
192_SALASIAH_NIM_9115011778_1996.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penayangan film seri cerita anak kepada 6 saluran televisi tampaknya mendapat perhatian yang cukup besar bagi anak usia sekolah, terutama anak sekolah dasar Bi dan nasehat Kelurahan Langkai Palangkaraya, karena penayangan acara tersebut ditayangkan oleh seluruh televisi yang ada di Indonesia, baik dilevisi pemerintahan maupun televisi swasta. Keterlibatan anak menonton penayangan film series cerita anak tersebut diduga dapat mengganggu kesempatan dan konsentrasi belajar mereka yang pada akhirnya diduga dapat mengganggu hasil belajar mereka. Oleh sebab itu mereka perlu diteliti dengan permasalahan pokok menonton film Seri Cerita anak dan hasil belajar anak sekolah dasar serta pengaruh menonton film cerita Anak terhadap hasil Belajar . Untuk itu diajukan hipotesa; menonton film seri cerita anak pada televisi berpengaruh terhadap hasil belajar anak sekolah dasar. Semakin tinggi keterlibatan anak sekolah dasar dalam menonton film seri cerita anak pada televisi, maka semakin.
Untuk menjawab permasalahan di atas maka dikumpulkan Data dari sumber tertulis dan tidak tertulis, Dengan sampel penelitian anak yang terlibat menonton film cerita anak pada televisi berjumlah 52 orang anak .Penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, kue dan dokumenter. selanjutnya diolah, disajikan dianalisa baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Untuk menguji hubungan antara menonton film seri cerita anak pada televisi dengan hasil belajar anak sekolah dasar digunakan uji korelasi produk moment, dilanjutkan dengan t hitung dan rumus analisa regresi linear.
Setelah diadakan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan anak dalam menonton film seri cerita anak pada televisi di dana sehat Kelurahan Langkai Palangkaraya persentase terbesar berada pada kualifikasi tinggi yaitu 55,77%, sedang 25% dan rendah 19,23%.
Selanjutnya hasil belajar anak sekolah dasar yang terlibat dalam menonton film seri cerita alam pada televisi ternyata presentasi terbesar berada pada kualifikasi rendah yaitu 61,53%, sedang 32,69% dan tinggi 5,78%.
Setelah diadakan penelitian tidak nasehat Kelurahan bangkai Palangkaraya, hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara menonton film seri cerita anak pada televisi dengan hasil belajar anak sekolah dasar di mana diperoleh nilai r = -0,47 lebih besar daripada R tabel sama dengan 0,273 selanjutnya setelah nilai r = -0,47 dianalisis dengan t hitung, Maka diperoleh nilai sebesar = -3,77 yang bila dikonsultasikan dengan daya tabel DF terdekat 50 dengan taraf signifikan 5% = 2,01, dan pada tahap signifikan satu persen sama dengan 2,68 berarti t lebih besar dari t tabel. Ini berarti bahwa penelitian ini sah dan signifikan. Kemudian mengenai tingkat pengaruh kedua variabel di atas diperoleh nilai regresi yaitu y = 4,57 + -5,00, yang berarti setiap kenaikan satu satuan pada variabel x akan menyebabkan penurunan satu satuan variabel y. Dengan demikian semakin tinggi keterlibatan anak sekolah dasar dalam menonton film seri cerita anak pada televisi maka semakin rendah hasil belajar anak sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh,filmsericeritaanak,televisi,anak sekolah, Danau Seha |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:49 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:49 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |