Efektivitas Pelaksanaan Administrasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya

Nurmawati, Nurmawati (1996) Efektivitas Pelaksanaan Administrasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
185_NURMAWATI_NIM 901505363_1996.pdf

Download (9MB)

Abstract

Proses belajar mengajar tidak dapat dipisahkan dari tugas guru mengajar dan siswa yang belajar. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya ketepatan usaha guru dalam melakukan administrasi pengajaran. Efektivitas pelaksanaan administrasi kurikulum meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan memudahkan tugas guru mengajar dan siswa yang belajar serta tujuan belajar mengajar dapat pula dicapai dengan efektif.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan administrasi kurikulum dan kualitas proses belajar mengajar, dengan mengambil lokasi penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya.
Hubungan antara efektivitas pelaksanaan Administrasi kurikulum dengan kualitas proses belajar mengajar pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya merupakan pokok bahasan dan objek penelitian ini. Dengan harapan hasil penelitian ini berguna sebagai informasi bagi sekolah yang bersangkutan dan peneliti selanjutnya.
Untuk mengkaji hubungan antara efektivitas pelaksanaan administrasi kurikulum dengan kualitas proses belajar mengajar, dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif hipotesis pertama diuji dengan teknik uji korelasi selanjutnya dicari nilai T hitung. Kemudian dikonsultasikan dengan t tabel. Hipotesis kedua hipotesis kerja dianalisis secara kualitatif dan diuji dengan melihat besar kecilnya sebaran presentasi Pada kategori penelitian ini.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya, dengan sambal semua guru dan siswa yang berada di kelas 3, yaitu sebanyak 20 orang guru 20 orang siswa sebagai responden dan kepala sekolah serta karyawan sebagai informasi. Informan Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi maka dapat diambil kesimpulan bahwa antara efektivitas pelaksanaan administrasi kurikulum dengan kualitas proses belajar mengajar terdapat korelasi, dimana R = 0,44 sedangkan angka index korelasi R bergeser antara 0,40 - 0,70 menunjukkan korelasi yang sedang dan t hitung sama dengan 5,21 lebih besar t tabel, baik pada taraf kepercayaan 95% = 2,10 atau 99% = 2,88.
Adapun efektivitas pelaksanaan administrasi kurikulum terhadap Pada kategori tinggi dengan presentasi terbesar sama dengan 65% dan kualitas proses belajar mengajar pada Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya berada pada kategori tinggi pola dengan presentasi terbesar sama dengan 45%.
Dengan pembuktian hasil penelitian ini diharapkan kepada guru-guru hendaknya meningkatkan efektivitas pengajaran demi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan tujuan belajar mengajar yang ditentukan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,administrasi kurikulum ,kualitas proses belajar mengajar,Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:57
Last Modified: 17 Jun 2025 01:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item