Norseniwati, Norseniwati (1996) Efektivitas Program Belajar Mengajar Kejar Paket B Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Peserta Didik Setingkat SLTP Di Desa Tanjung Jariangau Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
181_NORSENIWATI_NIM_9015005458_1996.pdf Download (10MB) |
Abstract
Cita-cita Luhur manusia Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa telah menjadi tekad awal kemerdekaan Negara Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan pada pembukaan UUD 1945 pada alinea pertama. Untuk mendapat pendidikan yang baik adalah merupakan salah satu hak setiap warga negara Indonesia.
Dalam upaya melaksanakan cita-cita tersebut berbagai upaya telah dilakukan dalam setiap tahapan pembangunan salah satu upaya tersebut adalah mengembangkan pendidikan melalui jalur pendidikan jalur sekolah yang diantaranya adalah melalui program belajar mengajar kejar paket B.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program belajar mengajar kejar paket B, tingkat kemampuan peserta didik program belajar mengajar Kejar Paket B serta keefektifan pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dalam meningkatkan kemampuan akademik peserta didiknya di desa Tanjung jaringan Kecamatan mentaya Hulu Kota Waringin Timur.
Hipotesa peneliti ini adalah saya korelasi antara keefektifan program belajar mengajar Paket B dengan peningkatan kemampuan peserta didik program belajar mengajar Paket B di Desa Tanjung jaringan Kecamatan mentaya Hulu Kota Waringin Timur, Adapun populasi ini adalah 5 orang tutor dan 40 orang warga belajar.
Data yang diperlukan dalam penelitian ini digali Melalui teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul, Kemudian data disajikan dalam bentuk uraian dan tabel, khusus dalam bentuk tabel dilanjutkan dengan menghitung jawaban responden berdasarkan analisa kualitatif. Untuk mencari tingkat keefektifan pelaksanaan program belajar mengajar mengejar Paket B dan Tingkat kemampuan akademik peserta didiknya dan dianalisa secara kuantitatif. Untuk mencari hubungan efektivitas program belajar mengajar Kejar Paket B dengan kemampuan akademik peserta didik digunakan rumus kontegensi. Untuk mencari signifikan serta untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dalam meningkatkan kemampuan akademik peserta didiknya digunakan rumus regresi linear sederhana.
Dari hasil analisa kuantitatif diketahui bahwa nilai tertinggi responden pada variabel x dari pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B adalah baik tinggi dengan persentase sebesar 60%. sedangkan nilai tertinggi respon dan variabel y yakni Tingkat kemampuan akademik peserta didik program belajar mengajar Kejar Paket B berada pada kategori baik tinggi dengan presentasi sebesar 37,5%. Dengan demikian terlihat efektivitas pelaksanaan program belajar mengajar-kejar Paket B dan Tingkat kemampuan akademik peserta didik program Kejar Paket B di Desa Tanjung jaring now Kecamatan mentaya Hulu Kota Waringin Timur berada pada kualifikasi baik tinggi.
Dari hasil analisa kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi kontigensi yang diambil dari skor pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dan Tingkat kemampuan akademik peserta didik diperoleh nilai = 0,72 dan t hitung sama dengan 6,32 pada taraf kepercayaan 5% diperoleh nilai T tabel sama dengan 2,02, dan pada taraf kepercayaan satu persen diperoleh nilai T tabel = 2,71. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif yang signifikan antara pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dengan kemampuan akademik peserta didik di Desa Tanjung daringau Kecamatan mentaya hulu Kotawaringin Timur.
Kemudian dari hasil uji regresi linear sederhana untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dalam meningkatkan kemampuan akademik peserta didik di Desa Tanjung jaringanu Kecamatan mentaya hulu Kotawaringin Timur diperoleh nilai a = -6,96 dan b = 3,64, dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan y apabila X diketahui persamaannya, maka persamaan y = a + b x. jika x adalah 3, maka y = -6,96 + 3,64(3) = 3,96 jika x adalah 4, maka y = -6,96 + 3,64(4)Sama dengan 7,62 jika x adalah 5, maka y = -6,96 + 3,64(5) = 11,24.
Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi X maka semakin tinggi pula nilai y, dengan demikian dapat diketahui bahwa semakin baik pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B maka semakin baik bola Tingkat kemampuan akademik peserta didik atau dengan kata lain ada efektivitas pelaksanaan belajar mengajar Kejar Paket B dalam meningkatkan kemampuan akademik peserta didik di Desa Tanjung jaringao Kecamatan mentaya Hulu Kota Waringin Timur.
Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa ada hubungan positif dan keefektifan pelaksanaan program belajar mengajar Kejar Paket B dalam meningkatkan kemampuan akademik peserta didiknya di Desa Tanjung jaring Kecamatan mentaya Hulu Kota Waringin Timur. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak yang terkait agar lebih meningkatkan perannya guna mengembangkan kuat di tas dan kualitas program belajar mengajar Kejar Paket B di tengah-tengah Masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efetivitas program belajar,kejar pket B,kemampuan akademik, Desa Tanjung Jariangau |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:02 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |