Hormansyah, Hormansyah (1996) PeranGuru Bidang Studi Dalam Membantu Pelaksanaan Program Bimbingan dan Penyuluhan Untuk Menjunjang Belajar Siswa Pada MtsN Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
171_HORMANSYAH_NIM_9002005516_1996.pdf Download (16MB) |
Abstract
Dalam situasi aman yang sudah Begitu Kompleks sekarang sangat mempengaruhi berbagai segi pola kehidupan setiap umat manusia yang dapat mengarah kepada kehidupan positif maupun negatif, khusus bagi anak-anak usia sekolah untuk mengantisipasi semua itu akan lebih efektif dengan proses pembinaan berbagai sistem. Sistem paling utama adalah melalui jalur pendidikan yang dikembangkan menurut jalur jenis dan jenjangnya masing-masing menuju tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri dan tujuan kepada tatanan kehidupan masyarakat yang serasi dan seimbang, sebagai yang cita-citakan bangsa.
Upaya mengaktualisasikan tujuan dan keinginan tersebut terlebih dahulu mampu mendesainkan dan mengembangkan pola pendidikan dan pengajaran yang kondusif efektif dan produktif. Dari beberapa pola tersebut tidak terlepas dari proses bimbingan dan penyuluhan konseling yang terpadu dan terprogram, sebagai suatu metode pembinaan siswa baik secara kelompok maupun individu untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas belajar menuju tujuan.
tercapainya tujuan bimbingan dan penyuluhan yang lebih baik berhasil apabila terdapat adanya kebersamaan pelaksanaan antara petugas BP dengan guru bidang studi, karena guru bidang studio menempati posisi strategis lebih dekat dengan para siswa dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peranan guru bidang studi dalam membantu pelaksanaan program BP untuk menunjang aktivitas belajar siswa, Dengan rumus hipotesa terdapat hitungan positif antara guru bidang studi dalam pelaksanaan program BP dengan aktivitas belajar siswa dan makin tinggi peranan guru bidang studi dalam pelaksanaan BP, maka semakin baik aktivitas belajar siswa.
Untuk menjawab permasalahan di atas dilakukan pengumpulan data primer dan sekunder baik tertulis maupun tidak tertulis melalui teknik observasi,Dokumentasi angket dan wawancara.
Populasi Dalam penelitian ini adalah semua guru bidang studi sebanyak 35 orang dan semua siswa berjumlah 565 orang. Adapun yang dijadikan sampel adalah semua guru bidang studi sebanyak 565 orang siswa. adapun yang dijadikan sampel 35 orang guru bidang studi sampel total penelitian populasi Sedangkan untuk siswa diambil sebanyak 25% atau 140 orang dengan teknik stratifikasi random sampling.
Dari hasil analisa data diketahui bahwa tingkat aktivitas yang menunjukkan peran guru bidang studi dalam pelaksanaan program PP diperoleh rata-rata persentase 71,2%, yang menunjukkan cukup berperan sedang, dan tingkat aktivitas belajar siswa mencapai 70,5% dengan kategori sedang atau cukup baik.
Antara peran guru bidang studi dalam pelaksanaan program BP dengan peningkatan aktivitas belajar siswa Terdapat hubungan positif, yang ditunjukkan dari hasil perhitungan data dengan rumus koefisien kontingensi(C) yang ditransferkan ke dalam rumus phi dengan perolehan nilai 0,4361, kemudian dikonsultasikan dengan RT pada DF 150 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,159 dan 0,208 pada taraf signifikasi 1%. Dari kenyataan tersebut maka dapat dilihat bahwa harga phi lebih besar dari harga RT. dengan demikian maka hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Kemudian makin tinggi tingkat peranan guru bidang studi dalam pelaksanaan program PP maka semakin baik meningkat aktivitas belajar siswa, yang diuji dengan rumus regresi linier diperoleh nilai persamaan regresi y = 1,44 + 0,47 X. Nilai ini menunjukkan jika peranan guru bidang studi(X) tingkatkan 5 kali makay = 1,44 + 0,47(5) menjadi 3,79 yang berarti aktivitas belajar siswa meningkat pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru,Bimbingan,penyuluhan,MTs Negeri Palangkaraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:11 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:11 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |