Bahtiar, Bahtiar (1996) Pengaruh Penerapan Sistem Evaluasi Pengajaran Terhadap Efektifitas Peningkatan Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
163_BAHTIAR_NIM_9002005507_1996.pdf Download (11MB) |
Abstract
Informasi pengajaran adalah merupakan komponen yang penting dalam proses belajar mengajar karena dengan evaluasi seorang bisa mengukur atau menilai tercapai tindakannya tujuan yang hendak dicapai. evaluasi juga merupakan alat kontrol dari pelaksanaan pengajaran dan untuk mengetahui tentang keefektifan proses belajar mengajar.
skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah Bagaimana penerangan sistem evaluasi pengajaran dalam proses belajar mengajar dan bagaimana efektivitas peningkatan proses belajar mengajar serta apakah penerapan sistem evaluasi pengajaran berpengaruh terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya. sedangkan tujuan dari penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem evaluasi pengajaran terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya, dan dari penelitian tersebut di samping berguna bagi peneliti sendiri juga sebagai input terhadap pemikiran tindak lanjut mengenai penerapan sistem evaluasi berikutnya. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi; ada pengaruh antara penerapan sistem evaluasi pengajaran terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya yang dilihat dari aspek perencanaan pelaksanaan dan tindak lanjut dari hasil evaluasi.
Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya dengan jumlah sambel 25 orang guru dan 76 orang siswa sebagai responden, kepala sekolah, dan Stap lainnya sebagai informan. Sedangkan pengambil sampel menggunakan teknik rondong sampling. Adapun metode pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen tasi. Setelah data terkumpul selanjutnya data yang diperoleh di lapangan diteliti kembali dan disajikan baik dalam bentuk uraian maupun tabel, dan khusus dalam bentuk tabel dilanjutkan dengan menghitung frekuensi jawaban responden, kemudian dilanjutkan dengan analisa kuantitatif. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh diuji dengan menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana.
dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penerapan sistem evaluasi pengajaran terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar yang dilihat pada aspek pengaruh antara perencanaan evaluasi pengajaran terhadap kecepatan perbaikan perencanaan proses belajar mengajar dimana diperoleh nilai a = 8,89 dan nilai B = 0,29 dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan pada Y Apabila diketahui X, Persamaannya adalah y = a + b x atau Y = 8,89 + 0,29 ini berarti bahwa setiap kenaikan X satuan akan diikuti kenaikan y 0,29. Dilihat dari segi pengaruh pelaksanaan Evaluasi pengajaran terhadap ketepatan perbaikan pelaksanaan proses belajar mengajar diperoleh nilai a = 12,78 dan nilai T = 0,35. Dengan demikian persamaan regresinya adalah y = a + b x atau Y = 12,78 + 0,35. ini berarti setiap kenaikan X akan diikuti kenaikan y 0,35. Sedangkan dilihat dari segi ada pengaruh antara tidak lanjut dari hasil evaluasi pengajaran terhadap hasil yang diperoleh siswa diperoleh nilai a = 1,74 dan nilai B = 0,4 jadi persamaan garis regresinya adalah y = a + b x atau Y = 1,74 - 0,42. dengan demikian bahwa setiap kenaikan X akan diikuti kenaikan y 0,42 hal ini berarti ada pengaruh yang positif antara tidak lanjut dari hasil evaluasi pengajaran terhadap hasil yang diperoleh siswa. dengan demikian ada pengaruh antara penerap sistem evaluasi pengajaran terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Palangkaraya.
dengan terbuktinya ada pengaruh antara penerapan sistem evaluasi pengajaran terhadap efektivitas peningkatan proses belajar mengajar maka hendaknya para guru Terus dapat meningkatkan penerapan sistem evaluasi pengajaran, sehingga dengan hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan pedoman dalam rangka memperbaiki peningkatan proses belajar mengajar, dan di kepada Para guru harus menerapkan sistem evaluasi dan mendalami disiplin ilmu evaluasi sehingga untuk lebih meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem evaluasi,efektifitas pengajaran, MAN Palangkaraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |