Studi Perbandingan Efektivitas Pendekatan Ekspositeri Dengan Pendidikan Inquiry Terhadap Kemampuan Serap Siswa Dalam PBM Pendidikan Agama Islam Di SMEAN-1 Pangkalan Bun

Amruddin, Amruddin (1996) Studi Perbandingan Efektivitas Pendekatan Ekspositeri Dengan Pendidikan Inquiry Terhadap Kemampuan Serap Siswa Dalam PBM Pendidikan Agama Islam Di SMEAN-1 Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
161_AMRUDDIN_NIM_9015105472_1996.pdf

Download (7MB)

Abstract

Efektivitas suatu pendapatan mengajar tidak terlepas dari keberhasilan pengajaran itu sendiri yang terkait dengan kemampuan siswa dalam menyerang materi pelajaran yang telah diberikan. hal tersebut diketahui melalui perolehan hasil tes belajar mengajar.
penerapan pendekatan mengajar yang berbeda tentu melahirkan hasil belajar mengajar yang berbeda pula, sehingga hipotesa yang diuji “ ada perbedaan efektivitas antara pendekatan ekspositori dengan pendekatan inquiry terhadap kemampuan seorang siswa dalam PBM pendidikan agama Islam di SMEAN-1 Pangkalan.
Skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah Adakah perbedaan antara efektivitas pendekatan ekspositori dengan pendekatan inquiry terhadap kemampuan serak siswa serta Manakah yang lebih efektif antara pendekatan expositeri dengan pendekatan inquiry diterapkan dalam PBM, pendidikan agama Islam di SMEA N- 1 Pangkalan bun.
penelitian ini dilaksanakan di SMEAN-1 Pangkalan Bun pada bulan Agustus 1996 sampai dengan September 1996. jumlah populasi satu orang guru agama Islam dan 749 orang siswa. kemudian penentuan sampel digunakan teknik porpusive sampling atau sampel tujuan, yaitu kelas 2 PK dan kelas 2 PD terpilih sebagai sampel dengan jumlah siswa 33 orang. pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumenter dan eksperimen. Eksperimen terhadap objek penelitian diperlukan dengan dua kali perlakuan yaitu dengan pendekatan ekspositori dan inkuiry.
untuk meningkatkan validitas kontrol terhadap kegiatan eksperimen ini maka desain yang digunakan adalah belance( rotasi). Dengan desain ini masing-masing kelas eksperimen mengalami pose secara bergantian, yaitu pada kelas 2 PK tiga kali pendekatan ekspositori dan tiga kali pendekatan inquiry dan pada kelas 2 PD 3 kali pendekatan inquiry dan 3 kali pendekatan ekspositori. Setiap kali pertemuan ada dua jam pelajaran atau 90 menit. Dalam penelitian ini dilakukan tes formatif untuk mengetahui kemampuan serap siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan dengan kedua pendekatan tersebut serta perbedaan efektivitasnya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan efektivitas antara pendekatan ekspositori dengan pendekatan inquiry terhadap kemampuan serat siswa dalam PBM pendidikan agama Islam di SMEAN-1 pangkalannya, Yang diperoleh dari harga teh hitung lebih besar dari t tabel yaitu t = 2,97 TT = 2,65 dengan derajat kebebasan 64 pada taraf kepercayaan satu persen atau 99% atau taraf signifikasi satu persen. Selanjutnya hasil perhitungan rata-rata skor nilai tes formatif siswa dengan pendekatan inquiry sama dengan 75,9 dan 76,8 dan tingkat penguasaan siswa yang dikategorikan baik 78,79% dan 81,82% yang dikategorikan sedang 12,12% dan 9,09%, yang dikategorikan kurang 9,09% dan 9,09% dari jumlah siswa di kelas 2 PD dan kelas 2 PK . sedangkan rata-rata skor nilai tes formatif siswa dengan pendekatan ekspositori 68,3 dan 68,7, tingkatan penguasaan siswa yang dikategorikan sedang 36,36% dan 39,40%, yang dikategorikan kurang 27,28% dan 24,2 4% dari jumlah siswa kelas 2 PK dan kelas 2 PD. berdasarkan jumlah rata-rata dan presentasi tersebut, ternyata pendekatan inquiry lebih efektif daripada pendekatan ekspositori diterapkan dalam BBM pendidikan agama Islam di SMEAN-1 P.angkalan.
Dari kenyataan di atas diharapkan kepada guru bidang studi pendidikan agama Islam hendaknya tidak selalu menerapkan pendekatan inkuiri dalam proses belajar mengajar karena lebih efektif, sehingga kemampuan serap siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan semakin baik dan mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Studi perbandingan,efektivitas,ekspositeri PAI SMEAN-1 PangkalanBun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:22
Last Modified: 17 Jun 2025 02:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item