Aliansyah, Aliansyah (1997) Pengaruh Keaktifan Pembinaan Ketrampilan Anak Putus Sekolah Di Desa Lubuk Ranggan Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
159_ALIANSAYAH_NIM_9015005469_1996.pdf Download (8MB) |
Abstract
Generasi muda sebagai tumpuan Harapan Bangsa mempunyai tanggung jawab besar terhadap keberhasilan di era sekarang dan mendatang karena itu secara nasional telah disusun kebijaksanaan tentang pembinaan generasi muda yang antara lain berupa untuk memberikan kecerdasan keahlian dan keterampilan agar mereka bisa lebih berperan aktif dan kreatif dalam mengisi pembangunan .
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat apa saja pembinaan yang dilakukan terhadap Allah putus sekolah dan bagaimana keterampilan alat putus sekolah tersebut setelah diberikan pembinaan serta untuk mengkaji ada tidaknya hubungan dan pengaruh antara keaktifan pembinaan terhadap keterampilan anak putus sekolah di desa Lubuk Kranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur.
Hipotesa penelitian ini adalah ada hubungan antara keaktifan pembinaan dengan keterampilan barang khusus sekolah dan semakin baik keaktifan pembinaan, semakin baik pula keterampilan anak putus sekolah di desa Lubuk ranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur.
Populasi Dalam penelitian ini sebanyak 63 anak putus sekolah yang ada di desa Lubuk Kranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk penggalian data penulis menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul kemudian data disajikan dalam bentuk uraian dan tabel, khususnya dalam bentuk tabel, dilanjutkan dengan menghitung jawaban responden berdasarkan analisa kualitatif untuk mencari tingkat pembinaan yang dilakukan terhadap anak putus sekolah dan keterampilan anak putus sekolah setelah dilakukan pembinaan, kemudian menganalisa secara kuantitatif dengan menggunakan rumus produk moment untuk mencari hubungan dan T hitung untuk mencari signifikan serta untuk mengetahui semakin baik keaktifan pembinaan terhadap keterampilan anak putus sekolah digunakan rumus regresi linier sederhana.
Dari hasil analisa kualitatif diketahui bahwa nilai tertinggi yang dimiliki responden pada variabel pembina terhadap anak putus sekolah adalah berada pada kategori cukup/ dengan presentase sebesar 41,3% , Sedangkan nilai tertinggi responden pada variabel keterampilan anak putus sekolah juga berada pada kategori cukup/ sedang dengan presentasi 65, 5%. Dengan demikian terlihat bahwa pembinaan terhadap anak putus sekolah yang telah memperoleh pembinaan di desa Lubuk Ranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur berada pada kualifikasi cukup/ sedang.
Dari hasil analisa kuantitatif dengan mempergunakan rumus produk momen yang diambil dari skor pembinaan terhadap anak putus sekolah dan keterampilan anak putus sekolah yang telah memperoleh pembinaan di desa Lubuk rongan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur diperoleh nilai r = 0,69 dan t hitung =7,44, Pada taraf kepercayaan satu persen diperoleh nilai T tabel 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan terhadap anak putus sekolah yang memperoleh pembinaan di desa Lubuk Kranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur terhadap korelasi yang cukup dan signifikan.
Kemudian dari hasil uji regresi linier sederhana untuk mengetahui semakin baik keaktifan pembinaan, semakin baik pula keterampilan anak putus sekolah di desa Lubuk Kranggan Kecamatan Cempaka kabupaten Kotawaringin Timur diperoleh nilai a sama dengan 1,30 dan b = 0,43 dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan Y apabila X X diketahui persamaannya, persamaannya adalah Y a +b (X). jika x adalah 1, maka y = 1,30 tambah 0,48 ( 1) =1,78, jika x adalah 2, maka Y = 1,30 + 0,48 (2) = 2,26. dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai X maka semakin tinggi pula nilai Y. Dengan demikian dapat diketahui bahwa semakin baik keaktifan pembinaan terhadap anak putus sekolah, semakin baik pula keterampilan anak putus sekolah di desa Lubuk Kranggan Kecamatan Cempaka Kabupaten Kotawaringin Timur.
Dengan bukti hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak yang terkait agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan terhadap generasi muda khususnya anak putus sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan pembinaan,ketrampilan,anak,Desa Lubuk Ranggan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:24 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:24 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |