Pengaruh Latarbelakang Pendidikan Mahasiswa Terhadap Kemampuan Penguasaan Mata Kuliah Agama Di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya

Aida, Aida (1996) Pengaruh Latarbelakang Pendidikan Mahasiswa Terhadap Kemampuan Penguasaan Mata Kuliah Agama Di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
156_AIDA_NIM_9015005392_1996.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dengan diberlakukannya keputusan Menteri Agama RI nomor 70 tahun 1975 yaitu tentang persamaan tingkat / derajat lulusan dari lembaga pendidikan agama boleh melanjutkan ke sekolah umum dan sebalik-nya, maka pada suatu lembaga pendidikan terdapat siswa/mahasiswa yang
berbeda Iatar belakang pendidikan, termasuk Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya. Keadaan demikian akan menimbulkan kesenjangan terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah tertentu, salah satunya adaIah mata kuliah agama.
Sehubungan dengan hal itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama. Semoga hasil penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi instansi terkait dan bahan studi bagi yang berminat untuk meneliti lebih mendalam.
Untuk mengkaji pengaruh latar belakang Pendidikan mahasiswa terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama di Fakul tas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya, maka dikemukakan permasalahan pokok penelitian yaitu: bagaimana latar belakang pendidikan asal sekolah mahasiswa sebelumnya yang meliputi ; nilai rata-rata dan prestasi belajar bidang studi agama, bagaimana kemampuan penguasaan mata kuliah agama mahasiswa serta bagaimana hubungan nilai rata-rata dan pengaruh prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah sebelumnya terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya.
Penelitian ini dilakukan dengan sampel 90 orang mahasiswa sebagai responden dan 9 orang dosen sebagai informan, menggunakan tehnik observasi, dokumentasi , angket dan wawancara.
Permasalalahan mengenai bagaimana nilai rata-tata dan prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah mahasiswa sebelumnya serta kemampuan penguasaan mata kuliah agama mahasiswa di analisa secara kualitatif dengan menggunakan analisa Domain, analisa taksonomi, Analisa komponensial, dan analisa tema. Sehingga diketahui bahwa nilai rata-rata asal sekolah mahasiswa sebelumnya berada pada posisi cukup yaitu 78.89 % (7 1 orang) dari 90 orang mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian. Dan mengenai prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah mahasiswa sebelumnya berada pada posisi sangat baik ada 18.89% (17orang), baik 32.22 % (29 orang) dan sisanya 48.89 % (44 orang) berada pada posisi cukup. Kemudian mengenai tingkat pencapaian kemampuan penguasaan mata kuliah agama mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari palangkaraya pada posisi diatas cukup ada 68,9 % (62 orang) dan sisanya berada pada posisi di bawah baik yaitu 31.7 y. (28 orang).
Adapun permasalahan mengenai hubungan nilai ratarata dan pengaruh prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah mahasiswa sebelumnya terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment dan regresi. Sehingga diperoleh hubungan antara ni lai-rata-rata asal sekolah mahasiswa sebelumnya dengan kemampuan penguasaan mata kuliah agama sebesar 0.56 dan nilai t - hit (6.34) > t - tabel (2.631 pada taraf signifikan 1 % kan 5% pun t - hit > dari t-tabel (6.34 berarti pada taraf signifikan 1% dan 5% Ha diterima dan Ho di tolak. Dengan demikian bahwa ada hubungan yang signifikan antara ni lai rata rata asal sekolah mahasiswa sebelumnya terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama
di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari palangkaraya.
Sedangkan pengaruh prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah mahasiswa sebelumnya terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama, setelah diadakan penghitungan diperoleh persamaan garis regresinya y = 5.80 + 0.29, yang berarti setiap kenaikan 1 satuan X akan menyebabkan kenaikan Y = 6.09, Dengan demikian nyata adanya pengaruh prestasi belajar bidang studi agama asal sekolah mahasiswa sebelumnya terhadap kemampuan penguasaan mata kuliah agama di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari palangkaraya.
Dengan pembuktian hasiI peneIitian ini , diharapkan agar mahasiswa dan dosen mata kuliah agama Iebih meningkatkan aktifitas dan kreatifitasnya dalam kegiatan belajar mata kuliah agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Latar belakang, pendidikan mahasiswa,IAIN Antasari Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:27
Last Modified: 17 Jun 2025 02:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item View Item