Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Menerapkan Managemen Sekolah Pada SDN Kelurahan Palangka Kecamatan Pahandut Palangkaraya

Mulyono, Mulyono (1996) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Menerapkan Managemen Sekolah Pada SDN Kelurahan Palangka Kecamatan Pahandut Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
155_MULYONO_NIM_9002005466_1996.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini untunk mengetahui apakah ada hubungan dan pengaruh antara latar belakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kemampuan menerapkan managemen sekolah pada SDN Kelurahan Palangka Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya. Untuk menguji hipotesa I yaitu hubungan antara latarbelakang Pendidikan kepala sekolah dengan kemampuan menerapkan managemen maka digunakan ujisetastistik dengan rumus product moment. Dari hasil perhitungan itu maka akan di peroleh nilai r, selanjutnya nilai r itu dikunsultasikan dengan nilai r tabel,. Untuk menguji signifikan atau tidaknya hubungan itu maka di gunakan t hitung yang selanjutnya nilai t hit di konsultasikan dengan t tabel. Dengan demikian maka diperoleh nilai r dan t dengan jelas sehingga akan jelas pula adanya hubungan antara latar belakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kesempatan menerapkan managemen sekolah pada SDN kelurahan Palangka. Untuk mengujilatar belakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kemampuan kepala sekolah terhadap managemen sekolah pada SDN Kelurahan Palangka di gunakan rumus Analisa regresi linier. Setelah diadakan penelitian di SDN Kelurahan Palangka kecamatan Pahandut kodya Palangkaraya, dengan jumlah populasi sebesar 29 SD Negeri yaitu 29 orang Kepala Sekolah sebagai responden dan guru sebagai informen , dengan menggunakan Teknik pengambilan data berupa : observasi,wawancara, quisoner dan dokumentasi, maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai r sebesar 0,53 kemudian di konsultasikan dengan r tabel ternyata r tabel menunjukan nilai sebesar 0,470. Dengan demikian r hitung lebih besar dari pada r tabel . Selanjutnya untuk menguji signifikan dengan t tabel sebesar 3,862 di konsultasikan dengan t tabel sebesar 3,862 di konsultasikan denga t tabel sebesar 2,77 pada taraf kepercayaan 99% sehingga t hitung lebih besar 2,77 pada taraf kepercayaan 99% sehingga t hutung lebih besar dari pada t tabel. Oleh karena itu dapat dikatakan ada hubungan yang singnifikan antara latarbelakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kemampuan menerapkan managemen sekolah pada SDN kelurahan Palangka.
Selanjutnya untuk menguji hipotesa ke 2 yaitu ada pengaruh antara latarbelakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kemampuan menerapkan managemen sekolah di gunakan rumus analisis regresi dan dari hasil penelitian ini terbukti bahwa Y=a+b(X), yaitu Y=1,9960 +0,1845(X)=2,814 dari hasil itu berarti setiap kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan satu satuan Y secara kostan. Dan jika dimisalkan X=0 maka arah garis regresinya adalah smbu Y berada pada titik -10,8184 dan sumbu X titik potongnya berada pada titik 1,9960. Sehingga dapat diartikan bahwa ada pengaruh antara latar belakang Pendidikan kepala sekolah terhadap kemampuan menerapkan managemen sekolah pada SDN kelurahan Palangka kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Latarbelakang pendidikan ,kepala sekolah,managemen, SDn Kelurahan Palangka
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:27
Last Modified: 17 Jun 2025 02:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item