Sarifah, Sarifah (1997) Peranan Laporan IPA Dalam Menunjang Pemahan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi dan Kimia Di MAN Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
243_SARIFAH_NIM 9115011772_1997.pdf Download (10MB) |
Abstract
Laboratorium merupakan salah satu bentuk media belajar yang berfungsi untuk memperlancar dan memperjelas pengajaran guna menunjang pemehaman siswa terhadap materi Pelajaran.
Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan laborantorium IPA dalam menunjang pemehaman siswa terhadap mata Pelajaran biologi dan kimia di MAN Palangkaraya.
UNtuk mengetahuinya digunakan dengan cara mengambarkan segi pelaksanaan kegiatan di laboratorium IPA MAN Palangkaraya dan segi hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes formatif.
Adapun segi hasil siswa pada tes formatif dilakukan dengan eksperimen terhadap responden pada praktek di laboratorium, dan untuk mengetahuinya di lakukan dengan cara mencari nilai rata-rata dari hasil formatif siswa baik yang menggunakan laboratorium atau tanpa menggunakan laboratorium sebanyak 3 kali pertemuan pada mata Pelajaran biologi dan kimia. Setelah itu baru ditentukan nilai-nilai rata-rata akhir dari kedua kelompok tersebut.
Proses penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil semua siswa MAN Palangkaraya jurusan IPA yang berjumlah 62 orang siswa sebagai sampel, Dimana 31 orang siswa dapat dipakai sebagai kelompok Eksperimen dan 31 orang siswa dijadikan kelompok perbandingan/control.
Setelah dilakukan penelitian baik dari segi pelaksanaan kegiatan di laboratorium dan segi hasil belajar yang di peroleh siswa pada tes sumatif, dan juga tes formatif yang menggunakan laboratorium atau tanpa menggunakan laboratorium terntata hasil yang di peroleh adalah pada pelaksanaan laboratorium IPA di MAN Palangkaraya skor rentang nilai yang diperoleh adalah 14 dimana nilai itu menempati rentang nilai dengan kategori baik yaitu 11-15. Sedangkan pada tes sumatif diperoleh nilai rata-rata pada mata Pelajaran biologi adalah 7,08 dengan kategori baik, pada mata Pelajaran kimia adalah 6,68.
Setelah itu dilaksanakan penjumlahan akhir dari skor pelaksanaan laboratorium dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes sumatif baik mata Pelajaran biologi dan kimia sehingga di dapat hasil rentang nilai dengan kategori baik yaitu 16-21.
Adapun untuk nilai rata-rata akhir pada tes formatif tanpa menggunakan Iaboratorium pada mata pelajaran biologi adalah sebesar 65,19, dan untuk mata pelajaran kimia adalah 62,04. Sedangkan nilaj rata - rata yang diajar dengan menggunakan Iaboratorium untuk matapeIajaran biologi adalah 72,40 dan kimia sebesar 71,79.
Sehingga dari gambaran diatas tampak adanya kenaikan nilai rata - rata siswa yang di ajar dengan menggunakan laboratorium dari pada tanpa menggunakan laboratorium.
Dengan demikian dapat diketahui peran Iaboratorium IPA dalam menunjang pemahaman siswa terhadap mata Pelajaran biologi kimia sehingga di dapat kesimpulan yang menggambarkan bahwa pelaksanaan praktik Iaboratorium dapat berperan dalam menunjang pemahaman siswa terhadap mata Pelajaran biologi kimia sehingga di dapat Kesimpulan yang mengambarkan bahwa pelaksanaan praktek laboratorium dapat berperan dalam menunjang pemehaman siswa terhadap mata Pelajaran biologi dan kiia di MAN Palangkaraya. Ini berarti Pelajaran yang dismpaikan dengan menggunakan media laboratorium lebih baik hasilnya daripada Pelajaran tanpa menggunakan laboratorium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran laboratorium IPA,pemahan siswa, MAN Palangkaraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |