Studi Banding Penguasaan Mata Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Antara Siswa Tamatan Tk Dengan Non Tk Di Sdn Kalampangan 1,2 Dan 3 Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya

Maryanto, Edi (1997) Studi Banding Penguasaan Mata Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Antara Siswa Tamatan Tk Dengan Non Tk Di Sdn Kalampangan 1,2 Dan 3 Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
211_EDI MARYANTO_NIM 9115011666_1997.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pendidikan taman Kanak -kanak adalah Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan Rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki Pendidikan dasar yang diselenggarakan dijalur Pendidikan sekolah . DEngan tujuan membantu meletakan dasar kearah perkembangan sikap, prilaku, pengetahuan, ketrampilan, daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyelesaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Dengan demikian anak yang pernah belajar di Taman Kanak-kanak diharapkan mudah mengikuti kegiatan kegiatan belajar di Sekolah Dasar , walaupun Pendidikan TK bukan merupakan jenjang dan sarad mengikuti Pendidikan di SD/MI. Di SDN Kalampangan 1.2. dan 3 terdapat sejumlah anak yang masih dan tidak pernah mengikuti Pendidikan TK, tetapi bagaimana kemampuan penguasaan terhadap mata Pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia, ini yang perlu diteliti.
Skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah “Äpakah ada perbedaan penguasaan Mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, antara siswa tamatan TK dengan NON TK di SDN Kalampangan 1,2 dan 3 Kecamatan Pahandut Kota madya Palangkaraya” dengan tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia antara siswa tamatan TK dan Non TK di SDN Kalampangan 1,2 dan 3 Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.
Hipotesa yang di ajukan adalah Ha : Ada perbedaan penguasaan mata Pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia antara siswa tamatan TK dan Non TK di SDN Kalampangan 1,2 dan 3 Kecan Pahandut Kotamadya Palangkaraya Ha : Tidak ada perbedaan penguasaan mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia antara Siswa tamatan TK dengan Non TK di SDN Kalampangan 1,2 dan 3 Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.
Penelitian dilaksanakan tanggal 28 Desember 1996 sampai dengan 28 Pebruari 1997, jumlah sampel 86 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, documenter, wawancara dan test.
UNtuk meningkatkan validitas terhadap kegiatan tes, maka sampel berjumlah 43 siswa tamatan TK dan 43 siswa Non TK, untuk tiap test berlangsung 80 menit (1 jam 20 menit).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penguasaan siswa tamatan TK terhadap mata Pelajaran Matematika berdasarkan prosentase tertinggi berada pada kategori baik 55,81% (24 siswa) dan berdasarkan rata-rata skroring : diperoleh angka 14,46 berkisar anatara 10-14 dengan kategori cukup. Siswa nont TK pada prosentase tertinggi, 14,19 (19 siswa) dan berdasarkan rata-rata sekorsing diperoleh angka 13,12 berada pada interval 10-14 dengan kategori cukup. Kemudian penguasaan siswa tamatan TK terhadap mata Pelajaran Bahasa Indonesi pada prosentase tertinggi 62.79% (27 siswa) dengan rata-rata skoring 15,19 berkisar anatara 15-19 dengan kategori baik, siswa non TK pada prpsentase tertinggi 53,49% (23 siswa) dengan rata-rata skoring, 13,42 berkisar anatara 10-14 dengan kategori cukup.
Berdasarkan Analisa sederhana penguasaan siswa terhadap matapelajaran Matematika terdapat perbedaan namun berdasarkan Analisa kuantitatif tidak terdapat perbedaan karena to=1,38 lebih kecil dari ii baik pada taraf singnifikansi 5% = 1,99 dan 1% 2,64. Siswa non TK pada Analisa sederhana terdapat perbedaan dan berdasarkan Analisa kuantitatif tidak terdapat perbedaan karena to=1,9 lebih kecil dari tt pada taraf singnifikansi 5%=1,99 dan taraf singnifikansi=2,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan mata pelajaran matematika.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:01
Last Modified: 17 Jun 2025 04:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item