Darmawati, Darmawati (1997) Studi Banding Kemampuan Mengajar Antara Guru Berlatar Belakang Pendidikan Keguruan Agama Dengan Keguruan Umum Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
210_DARMAWATI_NIM_9002005533_1997.pdf Download (9MB) |
Abstract
DaIam rangka peningkatan kualitas mengajar guru, maka diadakan program Pendidikan Keguruan yaitu : Pendidikan Keguruan Agama (PGA, D II, Faktar) dan Pendidikan Keguruan Umum (SPG,PGSD). Hal ini yang menarik untuk dikaji dari kedua program ini adalah kedua latar belakang Pendidikan yang berbeda (Keguruan Agama dan Keguruan Umum ) mengajar mata Pelajaran yang sama, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, menimbulkan asumsi bagi penulis apakah dengan latar belakang Pendidikan yang berbeda dan materi yang sama tersebut akan menghasilkan Guru yang berkemampuan sama pula dengan mengangkat judul penelitian : “Studi banding kemampuan mengajar antara Guru berlatarbelakang Pendidikan keguruan Agama dengan Keguruan Umum dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Palangkaraya.”
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mengajar guru berlatar belakanq keguruan agama dan antara keguruan umurn, apakah ada perbedaan kemampuan mengajar antara keguruan Agama dan keguruan Umum dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
UNtuk menjawab permasalahan tersebut diatas, maka dikumpulkan data -data baik melalui bahan tertulis maupun tidak tertulis yang berhubungan dengan permasalahan, denganmenggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan Konsioner.
Adapun responden penelitian ini yaitu sampel guru sebanyak 14 orang, terdiri dari 7 orang guru berlatarbelakang keguruan agama dan 7 orang guru berlatarbelakan keguruan Umum. Kemudian untuk sampel siswa diambil siswa pada kelas tertentu sesuai tempat tugas guru berlatar belakang keguruan keagamaan dan keguruan umum dari mengajar mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan jumlah siswa 103 orang.
Data – data yang terkumpul dianalisis dengan dua cara,yaitu : Analisa kualitatif dan Analisa kuantitatif. Dari Analisa kualitatif diketahui Bahasa dalam Menyusun SP Guru berlatar belakang keguruan agama 57,14% memiliki kemampuan baik dan Guru berlatar belakang keguruan umum rata – rata baik Dimana 71,43% berada pada kategori baik, dan masing -masing 28,57% berada pada kategori cukup, yang berada pada kategori kurang, , keguruan agama 14,28% sedangkan keguruan umum tidak di temukan. Perolehan Skoring guru berlatarbelakang keguruan agama rata -rata 2,4 dan keguruan umum rata rata 2,5 , keduanya berada pada kategori baik. Pada enterval 2,4 -3,0. Dalam kemampuan melaksanakan SP Guru berlatar belakang keguruan keagamaan rata -rata memiliki kemampuan baik, Dimana 42,86% berada pada kategori baik, 42,86% berda pada kategori cukup, dan berada pada kategori kurang 14,28% dengan nilai rata -rata 2,6 berada pada kategori baik, sedangkan guru berlatar belakang keguruan umum juga rata -rata memiliki kemampuan baik. Dimana 57,14% berada pada kategori baik, 42,86% berada pada kategori cukup, dan yang berada pada kategori kurang tidak ditemukan, dengan nilai rata - rata 2,7 berada pada kategori baik.
Dengan demikian dar kemampuan Menyusun dan menerapkan SP, dapat dilihat kemampuan mengajar guru berlatar belakang keguruan agama dan keguruan umum rata – rata baik, guru berlatarbelakang keguruan agama rata – rata baik, Dimana 71,42% berada pada kategori baik,14,29% berada pada kategori cukup ,yang berada pada kategori kurang tidak di temukan.Perolehan nilai rata – rata skoring 2,6 berada pada berada pada interval 2,4 – 3,0 dengan kategori baik.
Berdasarkan Analisa kuantitatif dengan menggunakan rumus statistic “Tes T “ diketahui bahwa kemampuan Menyusun SP antara guru berlatarbelakan keguruan agama dan keguruan umum tidak terdapat perbedaan yang singnifikan, karena t hitungan 1,73 < dari t table dengan db 12 baik pada taraf singnifikanansi 5& (2.10).
Dari segi kemampuan melaksanakan SP antara guru berlatarbelakangkeguruan agama dan keguruan umum tidak terdapat perbedaan yang singnifikan, karena t hitung 0,71 <dari t table dalam db :12 baik pada taraf singnifikansi 5% (2,10) atau 1% (2,88).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan mengajar antara Guru. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:07 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:07 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |