Studi Tentang Peranan Guru Bimbingan Dan Penyuluhan Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Pada SMU Negeri 1 Palangkaraya

Arbani, Arbani (1997) Studi Tentang Peranan Guru Bimbingan Dan Penyuluhan Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Pada SMU Negeri 1 Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
207_ARBANI_NIM_9145011805_1997.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dalam sitasi zaman yang sudah begitu komplek sekarang sangat mempengaruhi berbagai segi pola kehidupan setiap umat manusia yang dapat mengarah kepada kehidupan positif maupun negative, khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Untuk mengantisipasi hal tersebut akan lebih efektif dengan proses pembinaan berbagai system. Sistem paling utama adalah melalui jalur Pendidikan yang dikembangkan menurud jalur, jenis dan jenjangnya masing-masing menuju tercapainya tujuan Pendidikan itu sendiri dan seimbang, sebagaimana yang dicita-citakan bangsa.
Upaya untuk mencapai tujuan dan keinginan tersebut, terlebih dahulu mampu mendesainkan dan mengembangkan pola Pendidikan dan pengajaran yang kondosif, efektif dan produktif. Dari beberapa pola tersebut tidakterlepas dari proses bimbingan dan penyuluhan yang terpadu dan terprogram, sebagai suatu metode pembinaan siswa baik secara kelompok maupun secara individu dalam mengatasi berbagai permasalahan siswa yang bertentangan dengan norma sekolah.
Tercapainya tujuan bimbingan dan penyuluhan yang lebihbaik, jika terdapat adanya kebersamaan antara Guru Bimbingan dan penyuluhan dengan pihak terkait, seperti Kepala SEkolah, dewan Guru, Wali Kelas serta orang/wali murid, karena Guru Bimbingan dan Penyuluh menempati posisi strategis dalam pemberian layanan Bimbingan dan Penyuluhan di SEkolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat peran Guru Bimbingan dan Penyuluhan dalam mengatasi kenakalan siswa untuk menunjang kegiatan belajar siswa, dengan rumusan hipotesis :”GuruBimbingan dan Penyuluhan berperan dalam mengatasi kenakalan siswa pada SMU Negeri 1 Palangkaraya” dan Semakin tinggi peran Guru Bimbingan dan penyuluhan, maka smakin banyak masalah kenakalan siswa yang dapat diselesaikan”.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka dilakukan pengalian /pengumpulan data, baik tertulis maupun tidaktertulis melalui Teknik observasi, documenter, angket dan wawancara terhadap responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:39
Last Modified: 17 Jun 2025 04:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item