Akhayan, Noor (1997) Stadi Banding Pengusaha Siswa Terhadap Materi Pelajaran Matematika Antara Pengajaran Yang Di Sertaipekerjaanrumahdengan Tampa Pekerjaan Rumah Pada Siswa Mtsn Negeri Filal Sampit Di Samuda. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
206_AKHYANNOOR_NIM_9115011652_1997.pdf Download (7MB) |
Abstract
Keberhasilan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas antara lain terkait dalam interaksi dan komonikasi belajar mengajar yang mampu dikembangkan guru dan siswa, interaksi dan komonikasi tersebut tidak dapat dilepaskan dengan bentuk pendekatan mengajar yang diterapkan guru. Perbedaan bentuk pendekatan melahirkan perbedaan proses dan hasil yang diperoleh, misalnya antara pengajaran yang disertai pekerjaan rumah dengan tanpa pekerjaan rumah dalam proses belajar mata pelejaran matematika. Perbedaan pengajaran dimaksud betul-betul menghasilkan perbedaan hasilnya, hal ini memerlukan suatu penelitian; Oleh karena itu, penelitian inr berupaya mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil mengajar antara pengajaran yang disertai pekerjaan rumah dengan tanpa pekerjaan rumah dalam mata pelajaram matematika, sehingga hipotesis yang diuji “Ada perbettaan penguasaan materi pelajaran antara siswa yang diberi pekerjaan rumah dengan siswa yang tanpa diberi pekerjaan runrah pada MTs Negeri Filial Sampit di Samuda ".
Penelitian dilakukan pada MTs Negeri Filial Sampit di Samuda pada bulan Desember sampai dengan Pebruari 1997, dengan jumlah siswa MTs Negeri Filial Sampit di Samuda sebanyak 395 siswa, yang dijadikan populasi. Sampel penelitian adalah kelas II (dua) sebanyak 121 siswa dan guru bidang studi matematika sebanyak 2 (dua) orang. Penentuan sampel digunakan Teknik purposive, cluster sampling dan random sampling, sehingga terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas IIa dan siswa kelas IIc yang masing – masing berjumlah 40 siswa. Penggalian data dinggunakan eksperimen, sehingga subyek penelitian deperlakukan dengan dua perlakuan; Perlakuan pertama pada kelas IIa disebut kelas uji dan perlakuan kedua kelas IIc disebut kelas kontrol; Pada kedua kedua kelas tersebut disajikan materi atau pelajaran, alokasi waktu yang sama, kecuali pada pendekatan dalam proses belajar mengajar yang berbeda
Kedua kelas dilakukan eksperimen proses belajar mengajar mata pelajaran matematika pada kegiatan, masing - masing kelas, 12 (dua belas) kali pertemuan dengan setiap kali pertemuan adalah 2 (dua) jam pelajaran. Pada akhir penelitian dilakukan tes akhir untuk mengambil data hasil belajar siswa. Untuk memperoleh data lainnya digunakan metode dokumenter, observasi dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis, "Ada perbedaan penguasaan materi pelajaran antara siswa yang diberi pekerjaan rumah dengan siswa yang tanpa diberi peke{aan rumah pada MTs Negeri Filial Sampit di Samuda.., digunakan perbandingan rata - rata skor nilai pada kelas uji dan kelas kontrol.
Hasil analisa diperoleh bahwa harga t hitung = 3,88 lebih besar dari harga t tabel = 2,642 pada taraf sgmifikasi I % atau taraf keperc ayaan 99 yo, yang berarti bahwa hipotesis pertama yang menyatakan ,. “Ada perbedaan penguasaan mengajar antara pengajar.an yang disertai peke{aan rumah dengan dengan tanpa pekerjaan rumah dalam mata pelajaran matematika” diterima; Selajutnya hasil perhitungan rata - rata skor nilai siswa pada kelas uji yang menggunakan pekerjaan rumah sebesar 61,3975 dan rata - rata skor nilai siswa kelas kontrol dengan tanpa pekerjaan rumah ebesar 53,0275 . Ini berarti rata - rata skor nilai siswa pada kelas kontrol, sehingga hipotesis kedua yang menyatakan : "Hasil mengajar dengan menggunakan pekerjaan rumah lebih baik dari hasil mengajar tanpa peke{aan rumah dalam nrata pelajaran nratematika “ diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan materi pelajaran. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:45 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:45 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |