Pentingnya Pelaksanaaan Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Menumbuhkan Motivasi Belajar Agama Pada Siswa SD Kecil

Agustini, Sri (1992) Pentingnya Pelaksanaaan Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Menumbuhkan Motivasi Belajar Agama Pada Siswa SD Kecil. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.

[img] Text
061_SRI AGUSTINI_8715003883_1992.pdf

Download (23MB)

Abstract

SD Kecil merupakan subsistem penuntasan wajib bela-jar bagi kelompok umur 712 tahun yang dikembangkan berdasarkan hasil eksperimentasi sekolah kecil pada 15 SD di Kalimantan Tengah pada tahun 1979-1983 guna penyelenggaraan wajib belajar pada daerah yang berpenduduk sedikit.

Pendidikan agama Islam merupakan bagian yang integral dari penyelenggaraan SD Kecil secara keseluruhan tidak bisa diabaikan dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas terutama kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Belajar sebagai suatu aktivitas individu maupun kelompok merupakan bagian dari kegiatan pendidikan dengan motivasi sebagai motor penggeraknya. Motivasi belajar seyogianya ditumbuhkan dalam kegiatan pendidikan, demikian pula halnya dengan pendidikan agama Islam, motivasi belajar merupakan faktor pokok dalam upaya peningkatan aktivitas belajar siswa secara keseluruhan. Tertarik dengan persoalan tersebut, penulis mengadakan penelitian tentang pendidikan agama Islam dalam hubungannya dengan motivasi belajar agama pada siswa SD Kecil Tumbang Rungan Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkem-bangan pendidikan agama Islam dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar agama pada siswa SD Kecil Tumbang Rungan Dengan harapan hasil penelitian ini berguna untuk bahan informasi bagi yang berkepentingan untuk kebijaksanaan lebih lanjut di bidang pendidikan.

Dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan secara bertahap. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dokumenter dan kuesioner. Berawal dari tahap orientasi terhadap latar penelitian dengan menggunakan analisis domain terhadap pelaksanaan pendidikan pada SD Kecil Tumbang Rungan secara keseluruhan yang tidak terlepas dari keadaan Kelurahan Tumbang Rungan secara umum. Pada tahap eksplorasi secara terfokus pada keadaan pendidikan agama Islam di SD Kecil Tumbang Rungan dari segi perkembangan dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa dengan menggunakan analisis taksonomis dan analisis komponensial.

Penelitian ini menggunakan teknik sampling. Sampel ditentukan dan dipilih dari seluruh siswa kelas IV, V, dan VI yang beragama Islam, sedangkan data penunjang dari beberapa informan dan situasi sosial serta kondisi lokasi penelitian.

Dengan menggunakan analisis tema pada tahap akhir penelitian ini, hasil konfirmasi data yang diperoleh dari penelitian di lapangan diketahui bahwa terjadi kevakuman pada perkembangan dan pelaksanaan pendidikan agama Islam pada SD Kecil Tumbang Rungan. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi kehidupan masyarakat Kelurahan Tumbang Rungan yang kurang mendukung atau tidak memungkinkan. untuk turut serta memacu pelaksanaan pendidikan agama Is-lam di sekolah apalagi di luar sekolah tersebut. Seringkali penilaian terhadap siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam secara konstan dengan memberi nilai angka yang samarata, sehingga dapat dianggap mengu-rangi obyektivitas dan validitas penilaian tersebut.
Hal ini berdampak negatif terhadap aktivitas belajar agama pada siswa dan menyebabkan rendahnya motivasi belajar agama pada siswa SD Kecil Tumbang Rungan.

Oleh karena itu, untuk menumbuhkan motivasi belajar agama pada siswa SD Kecil Tumbang Rungan, maka pendidikan agama Islam sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan SD Kecil tersebut supaya dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Anak ; Sekolah Dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 Mar 2025 21:58
Last Modified: 20 Mar 2025 21:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item