Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah Kelas VIII semester I MTs Miftahul Jannah Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016

Hendriani, Hendriani (2016) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah Kelas VIII semester I MTs Miftahul Jannah Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi H.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik yang dinyatakan dalam bentuk nilai. Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru, pada penelitian ini model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media animasi sebagai solusinya yang bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas peserta didik pada saat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berbantuan media animasi macromedia flash pada materi sistem peredaran darah pada manusia,(2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia,(3) respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berbantuan media animasi macromedia flash pada materi sistem peredaran darah pada manusia.

Model rancangan penelitian yang digunakan adalahPretes-Postest Control Group Design.Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes hasil belajar kognitif peserta didik dan angket respon peserta didik. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester I MTs Miftahul Jannah Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VIII-B berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pretest dan postest THB menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows,

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas peserta didik pada pembelajaran biologi secara keseluruhan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi memperoleh nilai rata-rata 83,32% dengan kategori baik sekali, (2)terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor postes kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berbantuan media animsi macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII semester I MTs Miftahul Jannah Palangka Raya, (3) hasil respon peserta didik pada pembelajaran biologi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi memiliki persentase nilai peserta didik yang menyatakan sangat setuju untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi sebesar36,57%, yang menyatakan setuju sebesar 56,94%, yang menyatakan kurang setuju sebesar 5,09%, dan yang menyatakan tidak setuju sebesar 2,31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; inkuiri terbimbing; media animasi; sistem peredaran darah manusia
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:12
Last Modified: 13 Jun 2017 06:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item