Ningsih, Suti Wulan (2011) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Laskar Pelangi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
338_SUTI WULAN NINGSIH_0721110893_2011.pdf Download (16MB) |
Abstract
Novel Laskar Pelangi merupakan sebuah karya sastra yang memberikan gambaran kehidupan yang dialami manusia, terutama mengenai keikhlasan, kegigihan dan pengorbanan seorang pendidik dan semangat peserta didik dalam menuntut ilmu dan mengobarkan semangat pendidikan menuju kehidupan yang layak, tenteram dan bijak serta mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islam bagi komunitas marginal di tengah-tengah arogansi kekuasaan materi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi, mencakup nilai-nilai pendidikan akidah, akhlak, ibadah dan muamalah. Kedua, bagaimana metode pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi. Ketiga, bagaimana lingkungan pendidikan dalam novel Laskar Pelangi. Keempat, bagaimana pendidik dalam novel laskar pelangi, bagaimana peserta didik dalam novel Laskar Pelangi.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber primernya adalah Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan sistem dokumenter. Teknik pengolahan data dengan jalan mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasinya, menganalisa dan menginterpretasikan, dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan analisis perbandingan (comparative analisis).
Hasil penelitiannya adalah: Pertama, nilai-nilai pendidikan akidah dalam novel Laskar Pelangi meliputi mengajarkan keyakinan terhadap zat Allah SWT, takdir dan larangan perbuatan syirik. Nilai-nilai pendidikan akhlak, meliputi mengajarkan sikap lemah lembut, sopan santun, tawakal, tidak berlebih-lebihan, berperilaku baik, tidak mencela, sabar, dilarang berdusta, berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Nilai-nilai pendidikan ibadah, meliputi membiasakan diri untuk bersuci (wudlu), mengerjakan shalat, melakukan dzikir, membiasakan membaca dan mempelajari al Qur'an, amar ma'ruf nahi munkar dan memakai jilbab bagi muslimah. Nilai-nilai pendidikan muamalah, ditandai dengan adanya toko kelontong sebagai wadah terjadinya interaksi jual beli. Kedua, metode pendidikan dalam novel Laskar Pelangi meliputi metode bercerita, tanya jawab, demonstrasi dan karyawisata. Ketiga, lingkungan pendidikan, meliputi lingkungan keluarga yang harmonis, menanamkan keagamaan, memberikan teladan dan semangat. Lingkungan sekolah diibaratkan seperti pohon filicium dan merupakan universitas kehidupan bagi anak didik yaitu Perguruan Muhammadiyah. Lingkungan masyarakat, mengisyaratkan untuk pandai-pandai memilih teman dalam bergaul karena apabila kita dekat dengan orang yang berilmu maka kita akan disinari dengan pencerahan, seperti halnya kebodohan, kepintaran pun sesungguhnya demikian menjalar. Keempat, pendidik tercermin dari sosok Pak Harfan dan Bu Muslimah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya, berdedikasi tinggi, mentor, penjaga, sahabat, pengajar, guru spiritual. menanamkan keagamaan dan mengobarkan semangat kependidikan. Kelima, Peserta didik adalah anak-anak komunitas marginal yang miskin yang tiada mengenal lelah dan putus asa, selalu bersemangat, tidak pernah membolos, saling tolong menolong dan memiliki kreativitas dan intelektual yang handal.
Abstract
Laskar Pelangi novel is a the belleslettres give the natural by the life picture of human, especially regarding candidness, obstinacy and sacrifice a educator and spirit of educative participant in studying and stimulate the education go to competent life, wise and peaceful and also place forward the values education of Islam for medial marginal community arogansi power of items.
This research internal issue formula is: First, any kind of is values education of the Islam implied in Laskar Pelangi novel, include;cover the education values akidah, behavior, religious service, and muamalah. Both, how is method education of Islam in Laskar Pelangi novel. Third, how is education environment in Laskar Pelangi novel. Fourth, how is educator in rainbow soldier novel, how is educative participant in Laskar Pelangi novel.
His research type is research of bibliography (library research) with his primary source is Laskar Pelangi novel masterpiece Andrea Hirata. Data collecting in this research with system dokumenter. Data processing technique by way of collecting the data, compile and its classification, analyse and interpret, by using content analysis technique and comparative analysises.
His research result is: First, education values akidah in Laskar Pelangi novel cover to teach confidence to god Allah SWT, destiny and prohibition order deed syirik. Values education of behavior, cover to teach the gentle attitude, manner, tawakal, not excessive, good behaviors, don't inveigh, patiently, prohibited by tell a lie, devote and do goodness to both old fellow. Values education of religious service, cover to familiarize to be holy, do prayer, do dzikir, accustom to read and study al Qur'an, do kindness and leave badness, and wear cowl for muslimah. Education values muamalah, marked with existence of haberdasherry shop as place of the happening of sales interaction. Both, education method in Laskar Pelangi novel cover the method tell a story, question and answer, demonstration and karyawisata. Third, education environment, cover the harmonious family environment, inculcate religiously, give the byword and spirit of school environment supposed by be like tree fillicium and is life university for protege that is Muhammadiyah school. Society environment, sign to be clever to choose the friend in associating with because if we are close to bookish people hence we will be illuminated with clarification, as does stupidity, astuteness is even also in fact that way following. Fourth, educator of mirror of father figure Harfan and mother Muslimah warrior without honors truthfully have, high to dedication, custodian, friend, instructor, spiritual theacher. inculcate religious and stimulate educations. Fifth, educative participant is impecunious marginal community children which the no recognizing the fatigue and hopelessly, always motivated, have never cut a class, each other helping each other and have the creativity and reliable intellectual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Laskar pelangi, Novel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 04:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 04:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |