Sari, Zimmah (1998) Pengaruh Pola Kepemimpinan Orang Tua Di Rumah Tangga Terhadap Pelaksanaan Tanggung Jawab Belajar Siswa Madrasah Aliyah Hidayatullah Kecamatan Kahayan Kuala. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
336_ZIMMAH SARI_9015005383_1998.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kesuksesan pendidikan dalam jalur sekolah terkait pula dengan pendidikan pada jalur luar sekolah salah satunya adalah pendidikan dalam rumah tangga di mana orang tua berfungsi sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya. Perhatian orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah diwujudkan dengan memperhatikan anak dalam belajar dan berusaha membimbing anak tanggung jawab dijalaninya. agar memiliki terhadap pendidikan yang sedang dalam menanamkan tanggung jawab belajar anak di rumah tangga hendaklah orang tua memperhatikan bentuk perilaku kepemimpinan yang dijalankannya, karena kepemimpinan merupakan faktor yang dominan dalam menentukan keberhasilan pencapaian suatu tujuan.
Demikian pula halnya dengan orang tua dalam rumah tangga apabila bentuk atau pola kepemimpinan yang dijalankan orang tua dalam menanam-kan tanggung jawab belajar anak tepat maka akan tumbuh pula tanggung jawab belajar yang baik pada diri anak-anak.
Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk mengangkat sebuah judul penelitian yaitu " PENGARUH POLA KEPEMIMPINAN ORANG TUA DI RUMAH TANGGA TERHADAP PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MADRASAR HIDAYATULLAH KECAMATAN KAHAYAN KUALA KABUPATEN KAPUAS".
Permasalahan sekaligus merupakan tujuan dari penelitian ini adalah tentang pengaruh pola kepemimpinan orang tua di rumah tangga terhadap pelaksanaan tanggung Jawab belajar siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas". Untuk menjawab permasalahan di atas sekaligus memenuhi tujuan yang ingin dicapai, dikumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan di atas dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara responden.
Data yang terkumpul dianalisa, sehingga diketahui skor pola kepemimpinan orang tua yaitu 9 orang atau 20% berada pada kategori tinggi, sebanyak 18 orang atau 40% berada pada kategori sedang dan sebanyak 18 orang atau 40 berada pada kategori rendah. Skor rata-rata pola kepemimpinan di rumah tangga adalah 1,71 yang berarti berada antara nilai 1,63 sampai dengan 2,03 dikualifikasi sedang.
Sedangkan skor pelaksanaan tanggung jawab belajar siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas yaitu sebanyak 15 orang atau 33% berada pada kategori tinggi dan 18 orang atau 40% pada kategori sedang dan sebanyak 12 orang atau 27% berada pada kategori rendah. Sedangkan perolehan skoring rata-rata adalah 1,98 yang berarti berada diantara nilai 1,75 sampai dengan 2.12. Jadi pelaksanaan tanggung jawab belajar siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas berada pada kualifikasi sedang.
Untuk mencari hubungan digunakan rumus korelasi Product Moment dan diperoleh r sebesar 0,64. Dari angka r tersebut diketahui korelasi antara pola kepemimpinan orang tua di rumah tangga (X) dan pelaksanaan tanggung jawab belajar siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas (Y) adalah sedang atau cukupan.
Selanjutnya untuk mengetahui signifikan hubungan tersebut digunakan rumus t hitung dan diperoleh t hitung sebesar 5,44, hitung 5,44 > t tabel pada taraf signifikan 5 2,02 dan pada taraf signifikan 1% 2,71 Kemudian untuk mengetahui tingkat pengaruh pola kepemimpinan orang tua di rumah pelaksanaan tanggung jawab belajar tangga terhadap siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas digunakan rumus Regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Y=a+b (X) hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan satu satuan Y dengan harga a konstan. Jika dimisalkan X = 1 maka, Y1,07 0,52 (1) 1.59, setiap kenaikan satu satuan X akan mengikutkan kenaikan 0,52 satuan Y dengan harga a konstan. Jadi semakin baik pola kepemimpinan orang tua di rumah tangga semakin baik pula pelaksanaan tanggung jawab belajar siswa Madrasah Hidayatullah kecamatan Kahayan Kuala kabupaten Kapuas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola kepemimpinan ortu, Tanggung jawab belajar, Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:31 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:31 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |