Sulastri, Sulastri (1998) Efektivitas Penerapan Kegiatan Program Pendidikan Sistem Ganda Dalam Proses Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Ketrampilan Kerja Siswa Jurusan Tata Boga Di Smk-3 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
324_SULASTRI_9215014439_1998.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan sistem ganda merupakan upaya memperkokoh proses link and macth antara sekolah dan dunia usaha/ dunia industri serta instansi terkait, karena dengan melalui pola pembinaan. pendidikan sistem ganda ini diharapkan mampu memadukan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program keahlian profesional yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada dunia usaha dunia industri untuk mencapai suatu jenis dan tingkat keahlian profesional tertentu sebagaimana dibutuhkan oleh pihak industri atau dunia usaha.
Masalah yang ada adalah bagaimana efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM dan bagaimana hubungan efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa jurusan Tata Boga di SMK 3 Palangkaraya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM dengan ketrampilan kerja siswa jurusan Tata Boga di SMK 3 Palangkaraya, dan dari penelitian tersebut di samping berguna untuk peneliti sendiri juga sebagai input terhadap pemikiran tindak lanjut mengenai efektivitas penerapan kegiatan PSG dalam PBM berikutnya. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi ada hubungan antara efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa jurusan Tata Boga di SMK J Palangkaraya dan ada pengaruh antara efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa jurusan Tata Boga di SMK 3 Palangkaraya serta semakin aktif siswa mengikuti kegiatan ISG dalam PBM maka semakin baik pula ketrampilan kerja yang diperolehnya.
Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SMK 3 Palangkaraya dengan jumlah rampel 75 siswa sebagai responden, Kepala Sekolah, Guru, Tu dan staf lainnya sebagai informan. Adapun metode pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya data yang diperoleh di lapangan diteliti kembali dan disajikan baik bentuk uraian maupun tabel, dan khusus untuk tabel dilanjutkan dengan menghitung frekuensi jawaban responden kemudian dilanjutkan dengan analisa kuantitatif. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan diuji dengan menggunakan rumus statistik product
moment dan untuk mengetahui korelasi tersebut signifikan atau tidak, maka dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t-hitung sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh diuji dengan menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara efektivitas penerapan kegiatan PSG dalam PBM terhadap ketrampilan siswa dimana diperoleh nilai r=0,452 dan m dapat dikategorikan sedang atau cukup, dengan demikian diperoleh hasil t-hitung = 4,32 schingga Ha diterima dam Ho ditolak, kemudian dilihat dari rumus berikutnya ada pengaruh juga antara efektivitas penerapan PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa dimana diperoleh nilai a=26,32 dan nilai b=0,66. Dengan demikian persamaan regresinya adalah Y=a+b= X atau Y 26,32 0,66. Dengan demikian ada hubungan antara efektivitas penerapan kegiatan PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa dan ada pengaruhnya juga antara efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa jurusan Tata Boga di SMK 3 Palangkaraya.
Terbukti bahwa ada hubungan dan pengaruh antara efektivitas penerapan kegiatan program PSG dalam PBM terhadap ketrampilan kerja siswa, maka hendaknya para siswa terus dapat mengembangkan kegiatan PSG dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang baik pula, dan dengan hasil kegiatan PSG dalam PBM tersebut dapat dijadikan pedoman dalam rangka mengembangkan ketrampilan yang telah didapat dalam PBM, dan juga diharapkan kepada para guru terus dapat membimbing para siswa yang sedang mengikuti kegiatan PSG dalam PBM sehingga untuk lebih mampu mengembangkan keterampilannya secara sistematis dan sinkron.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, tata boga |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:15 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:15 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |