Mabrurah, Siti (1998) Studi Penerapan Metode Wetonan Dalam Pengajian Kitab Kuning Hubungannya Dengan Penguasaan Santri Terhadap Materi Pelajaran Agama Islam Pada Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
318_SITI MABRURAH_9215014442_1998.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kegiatan inti pendidikan agama Islam di pondok pesantren adalah pengajian kitab kuning. Keberhasilan suatu pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya adalah penguasaan santri terhadap materi pelajaran. Pencapaian tujuan pembelajaran dengan cepat yaitu dengan penerapan metode tertentu yang serasi / sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Metode yang diterapkan dalam pengajian kitab kuning pada Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya adalah metode wetonan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode wetonan dalam pengajian kitab kuning, penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam dalam pengajian kitab kuning, adakah hubungan penerapan metode wetonan dengan penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam, adakah pengaruh penerapan metode wetonan pada penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam, apakah semakin baik penerapan metode wetonan, maka semakin baik penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam pada Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya.
Hipotesa yang diajukan, ada hubungan positif antara penerapan metode dengan penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam, ada pengaruh penerapan metode wetonan pada penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam, semakin baik penerapan metode wetonan, maka semakin baik penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam pada Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 orang, yang terdiri dari 13 orang ustadz dan 83 orang santri, baik di tingkat awwaliyah maupun wustha. Sampel sebanyak 36 orang, yang terdiri dari 6 orang ustadz dan 30 orang santri pada Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya tahun ajaran 1997/1998, dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, wawancara, kuesioner dan test.
Hasil analisa skor penerapan metode wetonan rata-rata 2,78 pada kategori cukup dan penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam rata-rata 2,58 pada kategori cukup. Uji hipotesa I dengan rumus korelasi koefisien kontigensi (KK), diperoleh phi (0) 0,51 pada korelasi cukup, karena nilai phi (Ø) > r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,361 dan 1% 0,463, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Agar diterima secara signifikan, diuji dengan rumus t hitung, didapat nilai 3,2 diketahui hubungan tersebut signifikan, karena t hitung > t tabel, baik pada taraf signifikan 5% = 2,05 dan 1% = 2,76.
Uji hipotesa II, dengan rumus regresi linier sederhana, hasilnya Y1+0,6 (X), berarti setiap kenaikan 1 satuan X akan menyebabkan kenaikan 1 satuan Y = 0,6 secara konstan. Dengan demikian, menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode wetonan pada penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam, maka dapat dinyatakan, semakin baik penerapan metode wetonan dalam pengajian kitab kuning, maka semakin baik penguasaan santri terhadap materi pelajaran agama Islam pada "Pondok Pesantren Darul-Ulum Palangkaraya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab kuning, Pengajian, Santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |