Hapidah, Siti (1998) Studi Banding Tentang Minat Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Program D2 Dan S1 Fakultas Tarbiyah Iain Antasari Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
317_SITI HAPIDAH_9115011776_1998.pdf Download (10MB) |
Abstract
Jalur pendidikan di sekolah meliputi tiga jenjang pendidikan yaitu; pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pendidikan tinggi adalah merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik atau profesional yang dapat menetapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan teknologi atau kesenian. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya minat dan aktivitas belajar mahasiswa.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar mahasiswa program D2 dan S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya. Bagaimana aktivitas belajar mahasiswa program D2 dan S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya, apakah ada perbedaan minat belajar mahasiswa program D2 dan S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya. Apakah ada perbedaan aktivitas belajar mahasiswa program D2 dan S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya, sedangkan hipotosa yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan antara minat dan aktivitas belajar mahasiswa program D2 dan 31 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya, minat dan aktivitas belajar mahasiswa program D2 lebih baik dibandingkan dengan minat dan aktivitas belajar mahasiswa SI Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program D2 dan 31 angkatan 1996/1997 yang terdiri dari 39 orang mahasiswa D2 dan 80 orang mahasiswa S1. Sampel penelitian ini adalah untuk program D2 diambil 100% jumlah 39 orang, sedangkan 31 diambil 49% jumlah 39 orang mahasiswa. Untuk memperoleh data tentang penelitian ini digunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dan untuk menguji hipotesa dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus "t" test :
to=(M1-M2)/(SE M1-M2)
Dari hasil penelitian tersebut di atas, setelah dimasukkan ke dalam rumus statistik, maka diperoleh hasil sebagai berikut; untuk minat belajar mahasiswa program D2 dan 31 terhadap diperoleh "t" tes sebesar 0,246, kemudian setelah diinterpretasikan dengan "t" tabel, maka diperoleh hasil taraf signifikansi 5% sebesar 1,99 dan pada taraf signifikansi 1% 2,64 dengan demikian nilai "t" test lebih kecil dari pada t tabel, maka hipotesa nihil diterima, dengan demikian minat belajar mahasiswa program D2 dan 51 pada mata kuliah yang bersifat keguruan. atau kependidikan tidak terdapat perbedaan yang berarti
Selanjutnya untuk aktivitas belajar mahasiswa program D2 dan 31 diperoleh hasil "t" test sebesar 1.367 selanjutnya setelah diinterpretasikan dengan "t" tabel, maka diperoleh hasil pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.99 dan pada taraf signifikasi 2.64 dengan demikian nilai "t" test lebih kecil dari pada "t" tabel maka hipotesa nihil diterima. Dengan demikian maka aktivitas belajar mahasiswa program D2 dan S1 terhadap mata kuliah yang bersifat keguruan atau kependidikan tidak terdapat perbedaan yang berarti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Pendidikan dasar, pendidikan tinggi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:36 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:36 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |