Studi Tentang Sistem Pengajaran Salat Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Melakukan Salat Murid Sdn Di Kelurahan Langkai Palangkaraya

Syahri, Roni (1998) Studi Tentang Sistem Pengajaran Salat Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Melakukan Salat Murid Sdn Di Kelurahan Langkai Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
308_RONI SYAHRI_9215014405_1998.pdf

Download (16MB)

Abstract

Signifikan, maka dilanjutkan dengan mencari nilai t hit, kemudian mencari pengaruh dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana.

Hasil analisa menunjukkan bahwa perolehan rata-rata kemampuan guru dalam menerapkan sistem pengajaran salat SDN di Kelurahan Langkai palangkaraya adalah 2,21 yang berada diantara ketentuan nilai 2,09 2,23 dengan katagori sedang sebagaimana tabel 29. Selanjutnya mengenai perolehan rata-rata kemampuan murid dalam melakukan salat wajib di SDN di Kelurahan Langkai Palangkaraya adalah 2,18 yang berada diantara ketentuan nilai 1,89-2,32 dengan katagori sedang sebagaimana tabel 55. Kemudian dari hasil uji korelasi product moment yang diambil dari skor nilai kemampuan guru dalam menerapkan sistem pengajaran salat dan kemampuan melakukan salat murid SDN di Kelurahan Langkai Palangkaraya diperoleh nilai r = 0, 95 jika diinterpretasikan secara sederhana nilai r product moment tersebut berada pada katagori korelasi yang kuat atau tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan t hitung diperoleh nilai 13,91 dan dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% (2,06) dan pada taraf signifikan 1% (2,06). Dengan demikian t hit lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% sehingga hipotesa dapat diterima secara signifikan.

Dari uji regresi linear sederhana diperoleh nilai a = 1, 22 dan nilai b = 0, 44 berdasarkan nilai ini, maka dapat diperkirakan atau diramalkan persamaan garis regresinya adalah Y = a+b (X) :
Jika X = 2 maka persamaan Y = 1, 22 + 0, 88 = 2, 1
Jika X = 4 maka persamaan Y = 1, 22 + 1, 74 = 2, 98
Jika x = 6 maka persamaan r = 1, 22 + 2, 64 = 3, 86
Selanjutnya disimpulkan bahwa tinggi nilai X, maka semakin berpengaruh (tinggi) nilai Y atau semakin tinggi/baik sistem pengajaran salat yang diterapkan guru maka semakin berpengaruh terhadap kemampuan murid dalam melakukan salat di Sdn Kelurahan Langkai Palangkaraya.
Dari hasil penelitian ini semoga guru pendidikan agama Islam SDN Kelurahan Langkai Palangkaraya dapat memperbaiki sistem pengajaran salat dengan lebih baik lagi, sehingga kemampuan melakukan salat murid SDN di kelurahan Langkai Palangkaraya dapat lebih meningkat lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran shalat, Shalat wajib
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
TAJUK SUBJEK ISLAM > Fiqih > Ibadah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:24
Last Modified: 13 Feb 2025 02:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item