Pengaruh Kemampuan Profesional Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Pengelolaan Administrasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Swasta Palangkaraya

Dong, Muhammad (1998) Pengaruh Kemampuan Profesional Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Pengelolaan Administrasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Swasta Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
290_MUHAMMAD DONG_9115011718_1998.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kepala sekolah merupakan suatu faktor yang penting dalam menentukan roda pendidikan di sekolah. Oleh karena itu setiap kepala sekolah dituntut memiliki ketrampilan dan kemampuan untuk mengelola adıministrasi sekolah secara baik. Tidak terkecuali kepala madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) di kodya Palangkaraya. Dengan ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh Kepala MIS tersebut, perjalanan pendidikan diharapkan dapat berjalan optimal dan berhasil dengan baik. Karena itu dianggap perlu mengadakan penelitian tentang pengaruh kemampuan kepala sekolah terhadap kedisiplinan pengelolaan administrasi pendidikan madrasah 'btidaiyah swasta di kodya Palangkaraya.

Dalam penelitian ini diajukan dua hipotesa yakni "ada pengaruh antara kemampuan profesional kepala sekolah terhadap kedisiplinan pengelolaan administrasi pendidikan pada madrasah ibtidaiyah swasta kodya Palangkaraya" dan "semakin tinggi kemampuan profesional kepala sekolah maka semakin disiplin dalam mengelola administrasi pendidikan pada madrasah ibtidaiyah swasta di kodya Palangkaraya". Untuk menguji kebenaran hipotesa yang pertama digunakan uji korelasi product moment "r" yang dilanjutkan dengan uji signifikan melaluit hitung. Selanjutnya untuk menguji hipotesa kedua digunakan uji regresi linier sederhana yakni Y a+b (X). Untuk mencari nilai Y terlebih dahulu mencari nilai koefisien a yakni kelinieran dan keberartian regresi dan b adalah kenormalan dan homogenitas data.

Dari hasil penelitian di madrasah ibtidaiyah swasta di kodya Palangkaraya dengan jumlah populasi 12 crang kepala MIS, dan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang positif antara kemampuan profesional kepala sekolah terhadap kedisiplinan pengelolaan administrasi pendidikan madrasah ibtidaiyah swasta di Palangkaraya dengan perhitungan r 0.70 lebih besar dari r tabel pada taraf kebebasan (df) 12 diperoleh 0,532 pada taraf signifikan 5% dan 0,661 pada taraf signifikan 1%. Sedangkan hasil perhitungan t hit diperoleh nilai 3,10 lebih besar dari pada i label pada taraf kebebasan (df) 12 diperoleh 2,18 pada taraf 5% dan pada taraf 1 diperoleh nilai 3,06, sehingga hipotesa yang berbunyi ada pengaruh yang positif antara kemampuan profesional kepala sekolah terhadap kedisiplinan pengelolaan administrasi pendidikan madrasah ibtidaiyah swasta Palangkaraya teruji kebenarannya. Kemudian perhitungan secara regresi linier yakni Ya + b (X), jika dimisalkan 1, maka Y 1,430,435 1,865, jika X dimisalkan 6, maka Y1,430,435 11,190. Hal ini berarti setiap kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan variabel satu satuan Y secara konstan sehingga garis regresinya menunjukkan kepada regresi yang positif dan hipotesa yang, berbunyi semakin tinggi kemampuan profesional kepala sekolah maka semakin disiplin dalam mengelola administrasi pendidikan madrasah ibtidaiyah swasta di kodya Palangkaraya.

Dengan demikian diharapkan bagi sekolah madrasah ibtidaiyah swasta Palangkaraya dapat memperhatikan dan meningkatkan kemampuan serta kedisiplinan dalam mengelola administrasi pendidikan, sehingga proses pendidikan di sekolah yang dipimpinnya dapat berhasil secara optimal. Diharapkan juga agar penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi dan menambah ilmu pengetahuan bagi kepala MIS pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya serta lebih meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mengelola administrasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Administrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:35
Last Modified: 20 Jan 2025 07:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item