Masunah, Masunah (1998) Studi Komperatif Minat Belajar Siswa Antara Suku Jawa Dan Dayak Pada Smk Isen Mulang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
286_MASUNAH_9015005382_1998.pdf Download (10MB) |
Abstract
Dalam kenyataan kegiatan pendidikan melalui jalur sekolah, seperti pendidikan SMK Isen Mulang Palangkaraya, ternyata tidak semua siswa mendapat dukungan biaya dari orang tua, sehingga ada sebagian siswa yang sekolah sambil bekerja untuk biaya sekolah dan biaya hidup seperti siswa suku Jawa. Kondisi seperti ini tidak berpengaruh terhadap minat belajar mereka. Berbeda dengan siswa suku Dayak yang kegiatannya semata-mata untuk sekolah, sedang biaya hidup dan biaya sekolah memperoleh dukungan dari orang tua serta sanak familinya.
Berdasarkan adanya perbedaan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan dalam upaya mengetahui minat belajar siswa kedua suku tersebut, serta ingin mengetahui perbedaan minat belajar antara siswa suku Jawa dan Dayak pada SMK Isen Mulang Palangkaraya. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi berbagai pihak, guna meningkatkan kualitas hasil belajar mengajar.
Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Ada perbedaan minat belajar antara siswa suku Jawa dengan siswa suku Dayak pada SMK Isen Mulang Palangkaraya. Siswa suku Jawa minat belajarnya lebih tinggi dibanding siswa suku Dayak pada SMK Isen Mulang Palangkaraya.
Populasi penelitian 253 siswa, terdiri dari kelas I, II dan III. Sedangkan sampel penelitian 126 siswa, 63 siswa suku Jawa dan 63 siswa suku Dayak. Untuk pengumpulan data digunakan berbagai teknik, yaitu dokumentasi, observasi, interviu dan angket. Setelah data terkumpul, disajikan dalam bentuk uraian dan tabel. Khusus dalam bentuk tabel dilakukan interpretasi data serta menghitung jawaban responden dan memasukkan ke dalam rumus to guna mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar antara siswa suku Jawa dengan siswa suku Dayak pada SMK Isen Mulang Palangkaraya, dan t hitung untuk mengetahui signitikan hasil penelitian.
Dari hasil perhitungan te diketahui nilai to sebesar 11,76. Nilai tersebut lebih besar dari 1 tabel pada taraf signifikansi 5% 1,98 dari taraf signifikansi 1% 2,02. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan minat belajar antara siswa suku Jawa dan Dayak pada SMK Isen Mulang Palangkaraya. Selanjutnya dari data yang terkumpul melalui responden diketahui nilai rata-rata skoring siswa suku lawa adalah 57 dan nilai skoring siswa suku Dayak adalah 50, dengan tingkal perbedaan 3,17%. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa suku Jawa lebih tinggi dari minat belajar siswa suku Dayak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar siswa, Suku Dayak, Suku Jawa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:33 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5723 |
Actions (login required)
View Item |