Ruyani, Norliana (1998) Studi Tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an Pada Smu Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
300_NORLIANA RUYANI_9215014392_1998.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam mempunyai keterkaitan dengan kemampuan siswa membaca Al-Qur'an, karena sumber pokok pengetahuan agama adalah bersumber dari Al-Qur'an dan hadist. serta pelajaran ilmu-ilmu yang mempelajari dalil Al-Qur'an. Dengan adanva keterkaitan antara pendidikan agama Islam dengan kemampuan membaca Al-Qur'an nampaknya ada hubungen antara peranan guru pendidikan agama Islam terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa.
Untuk melihat bagaimana pengaruh hubungan antara peranas guru pendidikan agama Islam terhadap kemampuan siswa membaca Al-Qur'an dirasa perlu adanya penelitian ini. Kepentingan penelitian ini untuk menjawab bagaimana reranaa guru pendidikan agama Islam dalam membina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an pada SMU Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan studi ilmiah untuk penelitian lebih lanjut.
Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tersebut maka dipergunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil ini dapat diperoleh hubungan vang kuat antara peranan guru pendidikan agama Islam dalam membina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an. sehingga hipotesa dapat diterima.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada SMU Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. dengan sampel 10 orang guru pendidikan Agama Islam dan 40 orang, kepala sekolah. usaha sebagai informen.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru pendidikan. Agama Islam dalam membina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an pada SMU Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dan apakah ada hubungan antara peranan guru pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa membaca Al-Qur'an pada SMU Negeri Se- Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Hipotesa yang diajukan adalah ada hubungan antara peranan guru pendidikan agama Islam dalam menbina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an pasa SMU Negeri Se-Kabuapten Hulu Sungai Utara.
Untuk menjawab permasalahan diatas, sekaligus memenuhi tujuan vang ingin dicapai. maka setelah mengadakan penelitian di SMU Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan 984 orang siswa yang dijadikan sampel hanva 40 siswa dengan teknik porpusive sampling. Adapun orang untuk mengumpulkan data-data digunakan teknik observasi. wawancara, kuesioner, angket, dokumentasi dan eksperimen.
Setelah data terkumpul, kemudian dianalisa sehingga diketahui skor kemmapuan guru dalam mebina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an rata-rata 6.164 deri skor ini berada pada taraf sedang. Adapun untuk mencari hubungan antara kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam membina kemampuan siswa membaca Al-Qur'an digunakan rumus korelasi product moment dan diperoleh r" sebesar 0.336 korelasi ini menunjukkan korelasi rendah dan lemah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pai, Kemampuan membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:04 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:04 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |