Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Pemilihan Program Studi Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Smk-2 Palangkaraya

Norhana, Norhana (1998) Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Pemilihan Program Studi Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Smk-2 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
299_NORHANA_9115011724_1998.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dengan berlakunya undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional. SMK2 Palangka Raya merupakan salah satu Pendidikan Menengah Kejuruan yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu, sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan kebutuhan masyarakat. Setiap siswa dalam mengembangkan dirinya sesuai dengan kemampuannya masing- masing, sehingga siswa memilih suatu jurusan/program studi atas keinginan siswa yang bersangkutan, namun juga didukung adanya faktor-faktor seperti potensi siswa berupa prestasi belajar siswa, bakatnya minatnya, daya tampung program studi yang dipilih, saran dari orang tua dan juga saran dari guru bimbingan karir dengan didukung oleh faktor-faktor tersebut sehingga siswa memilih jurusan/ program studi sesuai dengan pilihannya diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa.

Sehubungan dengan alinea diatas, maka penulis ingin mengetahui, faktor-faktor apa saja yang menentukan dalam pemilihan program studi, bagaimana kemampuan belajar siswa SMK 2 Palangka Raya serta adakah pengaruh faktor-faktor yang menentukan dalam pemilihan program studi terhadap kemampuan belajar siswa.

Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK 2 Palangka Raya kelas I, II, dan III berjumlah 869 siswa, pada talrap pertama menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas I dan Kelas II sebanyak 613 siswa, kemudian dengan teknik Random Sampling terpilih 123 siswa sebagai responden ditambah guru sebagai insforman. Pengumpulan data menggunakan taknik observasi, angket, dokumen dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang menentukan dalam pemilihan program studi, diperoleh 107 siswa (87%) sangat sesuai, 16 siswa (13%) dikatagorikan cukup sesuai, sementara untuk kurang sesuai tidak ada. Skoring rata-rata variabel x adalah 2,4 berada pada katagori tinggi, karena berada pada interval skoring antara 2,4-3,0 dengan katagori tinggi.

Mengenai hubungan antara faktor-faktor yang menentuakan dalam pemilihan program studi dengan kemampuan belajar siswa diperoleh "r" adalah 0,35 yang bila dikonsultasikan dengan interprestasi secara sederhana "r" berada pada 0,20 0,30 berarti rendah atau lemah. Selanjutnya diperoleh terhitung 4,11 yang dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% (0,195) dan 1% (0,256) ini berarti terhitung lebih besar dari tabel baik pada taraf 5% ataupun 1%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan positif antara variabel x dengan variabel y.

Untuk mengetahui ada tidaknya variabel x terhadap y maka diperoleh adanya persamaan garis regresi linier yaitu Y 1,5 1 0,4 x berarti faktor- faktor kemampuan belajar siswa SMK 2 Palangka Raya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan program studi, Kemampuan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:49
Last Modified: 20 Jan 2025 02:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item