Hasanudin, Hasanudin (1992) Studi Korelasi Antara Minat dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
043_HASANUDIN_8615003865_1992.pdf Download (10MB) |
Abstract
Belajar merupakan aktivitas siswa mengarah kepada perubahan-perubahan dan perkembangan (seperti berfikir, berbuat dan sejenisnya) yang bersifat positif. Belajar mempunyia keterikatan erat dengan faktor lain terutama minat, yaitu minat belajar siswa. Untuk menguji sejauh nana korelasi dari kedua atau keterkaitan variabel tersebut dilakukan penelitian di SMA Negeri I Palangka Raya dengan judul "Studi Korelasi Antara Minat dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Palangka Raya".
Bagaimana minat siswa belajar agama yang mereka capai dan prestasi Islan, sejauh sejauh mana mana keterkaitan antara minat siswa dengan prestasi belajar, menjadi permasalahan dalam penelitian. Penelitian ini dimaksudkan mengetahui prestasi belajar siswa dan minat yang melatar belakangi. Untuk itu diajukan hipotesa." Ada hubungan antara minat dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam".
Untuk memecahkan permasalahan, perlu dikumpulkan data, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang menjadi sampel adalah siswa sebanyak 84 orang, yaitu 25% dari populasi yang berjumlah 338 orang. Selian itu, Kepala SMA, gusu Agama Islam, Kepala TU, Ketua BP-3, Kurikulum, bagian Kesiswaan sebagai informan. bagian Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dan pengujian hipotesa mempergunakan metode dengan rumus product moment.
kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ninat siswa belajar pendidikan agana Islam cukup tinggi, dengan perincian sebagai berikut; sebanyak 30,95% dan sebesar 45,24% berminat sedang, sedangkan yang berminat rendah hanya 23,81%. Mengenai prestasi belajar bidang studi pendidikan Agama Islam, ternyata 51,19% baik; yaitu siswa memperoleh nilai antara 8, nemperoleh nilai sedang 46,43% dengan nilai 7; sedangkan yang memperoleh nilai << 6 (cukup) hanya 2,38%.
Antara minat dan prestasi belajar siswa terdapat keterkaitan, dimana ro = 0,288 dan rt pada tabel dengan N = 85 sebesar 0,213 yang berarti signifikan. Jadi dengan taraf kepercayaan 95% dimana ro lebih besar dari sehingga hipotesa yang diajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat; Prestasi Belajar;Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 08:57 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5709 |
Actions (login required)
View Item |