Peranan TKA/TPA Dalam Memberantas Buta Huruf Al-Quran Bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya

Fathrurraji, Fathrurraji (1992) Peranan TKA/TPA Dalam Memberantas Buta Huruf Al-Quran Bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
042_FATHRURRAJI MANSHUR_8615003895_1992.pdf

Download (16MB)

Abstract

Taman Kanak-kanak Al-Quran/ Taman Pendidikan Al-Quran (TKA/TPA) adalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Al-Quran bagi anak-anak yang ber- usia antara 411 tahun, menggunakan metode Iqra, melalui pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dengan sistem klasikal dan privat. Bertujuan memberikan bekal dasar bagi anak untuk menjadi generasi yang mencintai Al-Quran, sehing- ga Al-Quran menjadi bacaan dan pandangan hidupnya sehari hari.

Kemampuan membaca dan menulis Al-Quran adalah kebutuh- an yang dasar bagi umat Islam, untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama. Oleh karena itu gerakan bebas outa huruf A-Quran atau usaha pemberantasan buta huruf Al- Quran dikalangan umat Islam semakın digalakan. Mengingat selama ini dirasakan masin cukup banyak dikalangan umat Islam yang belum mampu membaca dan menulis Al-Quran secara baik dan benar.

Penelitian ini mengemukakan dan mempelajari tentang peranan TKA/TPA dalam rangka ikutserta membantu gerakan be- bas buta huruf Al-Quran dikalangan umat Islam, khususnya bagi anak usia sekolah dasar di Kelurahan Pahandut kotamadya Palangkaraya.

Masalah Pokok dalam penelitian ini adalah peranan TKA/ TPA dalam memberantas buta huruf Al-Quran bagi anak usia sekolah dasar dan hubungan antara tingkat motivasi orangtua membantu anaknya belajar Al-Quran di rumah dengan prestasi yang dicapai santri di TΚΑ/ΤΡΑ.

Populasi penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar yang beragama Islam dan tergabung dalam TRA/TKA pada tahun ajaran 1991/1992 di Kelurahan Pahandut dan orangtua santri masing-masing sebanyak 515 orang dari 7 unit TKA/TPA. Dan sampel ditetapkan sebanyak 100 orang santri dan orangtua santri dari 5 unit TKA/TPA. Dan ditambah sejumlah pengelola guru, karyawan TKA/TPA sebagai informan.

Data penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber dan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan studi doku mentasi. Pengolahan data dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Data hasil penelitian ini diasajikan secara diskriftif interpretatif, dan untuk menguji antara variabel X yaitu tingkat motivasi orangtua membantu anaknya belajar Al-Quran di rumah, dan variabel Y yaitu prestasi yang dicapai santri di TKA/TPA, digunakan rumus koofesien korelasi (r).

Kemudian untuk mengetahui signifikansi penelitian dilakukan mencari nilai t'hitung dan mengkonsultasikan dengan nilai t tabel.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TKA/TPA cukup ber peran dalam memberantas buta huruf Al-Quran di Kelurahan Pa- handut Kotamadya Palangkaraya, dimana dari 4024 orang anak usia sekolah dasar yang beragama Islam, ada 181 orang dianta ranya yang telah tamat belajar Al-Quran, atau sebesar 4,51% dan 491 orang yang sudah bisa membaca Al-Quran walaupun belum tamat atau sebesar 12.20%. Kemudian antara tingkat motivasi orangtua membantu anaknya belajar Al-Quran di dengan prestasi yang dicapai santri di TKA/TPA rumah terdapat hubungan yang positif yaitur 0,28. Dimana indeks korelasi r antara 0.20 0,40 adalah korelasi yang lemah/rendah. Kemudian dari hasil uji signifikan ternyata nilai t hitung 3,26 nilait tabel 1,98 pada alía 5%. Ini berarti pe nelitian ini signifikan pada tarať kepercayaan 95%.

Dengan terbuktinya TKA/TPA berperan dalam memberantas Duta huruf Al-Quran bagi anak usia sekolah dasar di Kelurah- an Pahandut, dan antara tingkat motivasi orangtua prestasi membantu anaknya belajar Al-Quran dirumah dengan santri yang dicapai santri di TKA/TPA terdapat hubungan yang positif, maka diharapkan kepada pengelola TKA/TPA di Kelurahan ini, agar dapat mempertahankan, melanjutkan dan mengembangkan peranannya dalam memberantas buta huruf Al-Quran. Kemudian menyampaikan hal ini kepada orangtua santri, agar lebih meningkatkan bimbingan belajar Al-Quran kepada anak-anaknya di rumah, guna mencapai prestasi yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Al-Qur'an; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:33
Last Modified: 15 Jan 2025 08:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item