Dian, Ana Kameloh (1992) Pengaruh Bantuan Sosial Orang Tua Asuh Terhadap Kegiatan Belajar Anak Asuh Tingkat SD di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
038_ANA KAMELOH DIAN_8715007075_1992.pdf Download (14MB) |
Abstract
Gerakan orang tua asuh adalah salah satu upaya mem bantu anak usia 7 12 tahun , yang kurang mampu agar mendapat kesempatan belajar dan kesempatan untuk mening katkan keterampilan, dalam rangka mensukseskan wajib belajar. Menyadari pentingnya hal tersebut, gerakan ini perlu digalakkan.
Bantuan orang tua asuh mempunyai keterkaitan dengan kegiatan belajar anak asuh, karena tujuan bantuan ter sebut diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar anak di sekolah. Dengan adanya keterkaitan antara bantuan orang tua asuh dengan kegiatan belajar,akan terlihat adanya pengaruh dan hubungan antara pemberian bantuan dan kegiatan belajar.
Untuk melihat seberapa jauh pengaruh bantuan orang tua asuh dengan kegiatan belajar anak asuh dan hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar anak asuh dirasa perlu adanya penelitian ini Tujuan penelitian ini untuk menjawab se sejauhmana pengaruh bantuan orang tua asuh terhadap kegiatan an belajar anak asuh dan adakah hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar anak asuh. Dengan diketahui ada pengaruh bantuan orang tua asuh ter- hadap kegiatan belajar anak asuh dan hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar,maka diharapkan penelitian ini berguna untuk bahan informasi bagi yang berkepentingan untuk menentukan kebijakan lebih lanjut.
Untuk mengkaji adanya pengaruh antara bantuan orang tua asuh dengan kegiatan belajar, adalah dengan melihat kegiatan belajar sebelum mendapat bantuan dengan ke giatan belajar sesudah mendapat bantuan orang tua asuh dalam hal ini digunakan uji perbedaan tes "t", selanjut- nya untuk mengetahui hubungan kegiatan belajar dengan prestasi belajar, elajar, digunakan uji korelasi dengan memakai rumus "r".
Setelah penulis mengadakan penelitian terhadap anak asuh tingkat SD yang ada di Kelurahan Pahandut, dengan memilih Sekolah Dasar yang mempunyai jumlah anak terbesar, dengan sampel 25 orang anak asuh, dan asuh Kepala Sekolah/ Guru serta petugas sosial sebagai informan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dokumenter, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa ada dan pengaruh bantuan sosial orang tua asuh terhadap kegiatan belajar anak asuh, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan kegiatan belajar dalam hal daftar hadir (absen) anak, kerajinan mengerjakan pekerjaan rumah dan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah menerima bantuan so sial orang tua asuh, sedangkan hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar dalam hal ini hubungan antara daftar hadir (absensi) dengan prestas: belajar menunjukkan tidak ada hubungan, dan hubungan kerajinan mengerjakan pekerjaan rumah dengan prestasi belajar menunjukkan hubungan.
Adapun besarnya perbedaan kegiatan belajar anak antara sebelum dan sesudah m menerima ma bantuan adalah dalam daftar hadir ( (absensi) anak antara sebelum dan sesudah menerima bantuan dengan nilai perbedaan dengan perhitungan nilai to tt = 2,352 2,06 dengan taraf kepercayaaan 95%, selanjutnya kerajinan menger- jakan pekerjaan rumah antara sebelum dan sesudah meneri- ma bantuan, dengan nilai perbedaan 8,735 dengan perhi tungan nilai tot 8,735 2,80 dengan taraf keper- cayaan 99%, kemudian prestasi belajar antara sebelum dan sesudah menerima bantuan, dengan nilai perbedaan 3,894 dengan perhitungan nilai to tt 3,8942,80 dengan taraf kepercayaan 99%. Adapun hubungan kegia- tan belajar dengan prestasi belajar adalah sebagai beri- kut : hubungan daftar hadir dengan prestasi belajar ternyata dalam penelitian ini tidak terbukti adanya hu bungan dengan nilai korelasi 0,269 dengan perhitungan nilai thit <t tabel 1,339 < 1,71 dengan taraf ke- percayaan 95%, sedangkan hubungan antara kerajinan mengerjakan pekerjaan rumah dengan dengan prestasi prestasi belajar belajar mem- punyai hubungan dengan nilai korelasi 0,470 dengan per hitungan nilai t hitt tabel 2,553 2,50 dengan taraf kepercayaan 99%.
Dengan terbuktinya ada hubungan atau pengaruh bantuan sosial orang tua asuh terhadap kegiatan an belajar anak asuh diharapkan kepada orang tua asuh/petugas sosial yang terkait dalam gerakan ini untuk lebih meningkatkan pelayanan dan bantuannya kepada anak asuh agar bantuan tersebut lebih dirasakan manfaatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Anak Asuh; Bantuan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:32 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5704 |
Actions (login required)
View Item |