Mas’udah, Mas’udah (1998) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Di Luar Kedinasan Dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat Lingkungan Tempat Tinggal (Studi Kasus Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam Smpn Di Kabupaten Daerah Tingkat II Hulu Sungai Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
285_MAS_UDAH_9215014365_1998.pdf Download (10MB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar yang turut menciptakan dan meningkatkan sumber daya manusia, karena dengan profesinya sebagai guru ia mempunyai peran dan fungsi, baik sebagai pengajar maupun pendidik. Fungsi dan peran di atas juga berlaku bagi guru agama, bahkan mereka mempunyai tugas lain di masyarakat, mereka bertugas memberikan bimbingan yaitu melalui berbagai kegiatan atau aktivitas keagamaan di masyarakat.
Bertolak dari uraian tersebut penulis mengangkat judul penelitian PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LUAR KEDINASAN DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MASYARAKAT LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL (STUDI KASUS TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMPN DI KABUPATEN DAERAH TINGKAT II HULU SUNGAI SELATAN).
Permasalahan pokok penelitian mencakup bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam di luar kedinasan dalam pembinaan keagamaan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembinaan keagamaan di luar kedinasan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di luar kedinasan dalam pembinaan keagamaan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembinaan keagamaan di luar kedinasan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya.
Untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, maka digali data-data baik melalui bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis dengan teknik dokumenter, observasi, wawancara kuesioner. Data 25 orang guru Pendidikan Agama Islam yang dalam penelitian ini diberlakukan sebagai subyek/populasi sekaligus sebagai sampel.
Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif sederhana dan diperoleh kesimpulan bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Daerah Tingkat II Hulu Sungai Selatan di luar kedinasan dalam pembinaan keagamaan masyarakat lingkungan tempat tinggal dikategorikan cukup. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata skoring yang diperoleh yaitu 1,90.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 08:56 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 08:56 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
View Item |