Implementasi manajemen berbasis madrasah (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kereng Bangkirai Palangka Raya)

Hormansyah, Hormansyah (2015) Implementasi manajemen berbasis madrasah (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kereng Bangkirai Palangka Raya). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (HO).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (HO).pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (HO).pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (HO).pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (HO).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (HO).pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI (HO).pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Proses pengelolaan pendidikan sangat ditentukan dari ketepatan sistem atau pola menajemen yang ditetapkan dan diterapkan. Ketepatan manajemen pendidikan adalah suatu terintegrasinya sebuah sistem dengan semua elemen pendidikan yang ada sehingga melahirkan suatu produk yang efektif atau tujuan yang diharapkan. Salah satu pola manajemen pendidikan paling tepat yang telah diamanatkan UU, Permendikbud nomor 23/2013 maupun Permenag RI nomor 90/2013 adalah manajemen berbasis sekolah/madrasah, karena pola ini memberikan kewenangan penuh kepada kepala sekolah/madrasah untuk menentukan yang terbaik bagi sekolah/madrasahya. MIN Kereng Bangkirai Palangka Raya yang beralamat di jalan Mangku Raya 11.5 km dari kota Palangka Raya dengan tingkat ekonomi masyarakatnya menengah ke bawah dan kultur yang berbeda telah mampu meraih prestasi akademik maupun non akademik.
Penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana implementasi prinsip-prinsip manajemen berbasis madrasah (MBM) di MIN Kereng Bangkirai Palangka Raya, kemudian mendiskripsikan alasan implementasi prinsip-prinsip manajemen berbasis madrasah di MIN tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan fenomena dan konteks dalam implementasi manajemen berbasis madrasah di MIN Kereng Bangkirai Palangka Raya. Pengumpulan data telah dilakukan dengan cara observasi, interview, dukomentasi dan triangulasi. Kemudian menganalisa, uji keabsahan data dan kesimpulan. Key informan adalah Kepala Madrasah, kemudian ditambah informan lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diajukan.
Penelitian ini menunjukan bahwa MIN Kereng Bangkirai Palangka Raya provinsi Kalimantan Tengah; 1) sudah melakukan sistem pengelolaan madrasah yang efektif dan efesien sesuai prinsip-prinsip manajemen berbasis madrasah sehingga prestasi akademik dan non akademik semakin meningkat, 2) prinsip-prinsip manajemen berbasis madrasah dapat diimplementasikan dikarenakan semakin baiknya tingkat kemampuan kepala madrasah dalam mengelola madrasah, potensi sumber daya sesuai standar, tingkat kepercayaan dan dukungan masyarakat semakin baik, akuntabilitas pendidikan dan transparansi biaya dapat dipercaya, serta output peserta didik cukup membanggakan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 07 Aug 2016 10:20
Last Modified: 07 Aug 2016 10:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item