Studi Penerapan Strategi Belajar Mengajar Dan Pengaruhnya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Smu Negeri-1 Palangkaraya

Murni, Mustika (1998) Studi Penerapan Strategi Belajar Mengajar Dan Pengaruhnya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Smu Negeri-1 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
284_MASTIKA MURNI_9215114487_1998.pdf

Download (11MB)

Abstract

Strategi belajar mengajar adalah suatu kegiatan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di dalam kelas. yang dinilai lebih efektif dan lebih efesien untuk mewujudkan proses belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Strategi belajar mengajar dilaksanakan pada semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri-1 Palangkaraya.
Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana penerapan strategi belajar mengajar, bagaimana keaktifan belajar siswa. apakah ada hubungan penerapan strategi belajar mengajar dengan keaktifan belajar siswa, apakah ada pengaruh penerapan strategi belajar mengajar dengan keaktifan belajar siswa. dan apakah semakin baik penerapan strategi belajar mengajar, maka semakin tinggi keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMU Negeri-1 Palangkaraya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi belajar mengajar. bagaimana keaktifan belajar siswa, apakah ada hubungan penerapan strategi belajar mengajar dengan keaktifan belajar siswa. apakah ada pengaruh penerapan strategi belajar mengajar terhadap keaktifan belajar siswa. dan untuk mengetahui apakah semakin baik penerapan strategi belajar mengajar. maka semakin tinggi keaktifan belajar siswa pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMU negeri-1 Palangkaraya.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam pada SMU Negeri-1 Palangkaraya Tahun Ajaran 1997/1998. yang berjumlah 417 orang siswa yang tersebar di tiga kelas, ditambah 3 orang guru Pendidikan Agama Islam sebagai Informan. Dan dari jumlah populasi tersebut. sebanyak 63 orang siswa dijadikan sampel penelitian (15%) dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling.

Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik dokumentasi angket. observasi dan wawancara. Dalam uji hipotesa pertama digunakan rumus Product Moment. dan untuk mengetahui signifikansinya digunakan rumus t hit. Selanjutnya harga t hitung dikonsultasikan dengan t tabel dengan terlebih dahulu mencari df N 2. Dari hasil perhitungan. maka diperoleh nilai "r" = 0.69. Menurut Anas Sudidono. bahwa 0.40 0.70 menunjukkan adanya korelasi sedang cukup. Kemudian diperoleh pada taraf signifikansi 5% 0.250 dan taraf signifikansi 1% 0.325. Dengan demikian, pada taraf vii signifikansi 5% dan taraf signifikansi 1% Ha diterima dan Ho ditolak. Interpretasi melalui ui i 7.49. nilai t tabel df 60 pada 5% 2.00 dan pada taraf taraf signifikansi hitung sebesar signifikansi 1% 2.65. Dengan demikian, pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikansi 1% terdapat korelasi yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang antara penerapan strategi belajar mengajar positif dengan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMU Negeri-1 Palangkaraya.

Kemudian untuk menguji hipotesa kedua. digunakan rumus Regresi Linier. diperoleh a 1.30 dan b= 0.48. Dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan Y apabila X diketahui persamaannya. persamaannya adalah Y=a+b (X) adalah 1. maka Y 1.30 0.48 (1) 1.78. Jika X adalah 2. maka Y = 1.30 0.48 (2) 2.26 dan seterusnya. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan strategi belajar mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada SMU Negeri-1 Palangkaraya, atau semakin baik penerapan strategi belajar mengajar, mata semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada SMU Negeri-1 Palangkaraya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAI, Aktif belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:09
Last Modified: 14 Jan 2025 03:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item