Studi Banding Kemampuan Reading Comprehension Mahasiswa Stain Palangkaraya Antara Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Agama (Ma) Dan Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Umum (Smu)

Helmi, Helmi (1998) Studi Banding Kemampuan Reading Comprehension Mahasiswa Stain Palangkaraya Antara Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Agama (Ma) Dan Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Umum (Smu). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
269_HELMI_9215014334_1998.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jurusan Tarbiyah sebagai salah satu cabang pendidikan formal tingkat Perguruan Tinggi diikuti oleh mahasiswa yang berbeda latar belakang pendidikannya, yaitu mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) dan berlatar belakang pendidikan sekolah Umum (SMU). Dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa pada jurusan Tarbiyah diajarkan bahasa asing (Arab-Inggris) disamping mata kuliah lain. Bahana Inggris merupakan bahasa yang penting diketahui dan dikuasai oleh mahasinwa khususnya mahasiswa STAIN Palangkaraya untuk menjawab tantangan zaman era globalinani, baik untuk menyerap informasi ilmu pengetahuan dan maupun tekhnologi. Bahasa Inggris mempunyai komponen yang harus dimiliki oleh mahasiswa ayang salah satunya adalah mengenal reading comprehension.

Permasalah pokok dalam penelitian ini yaitu meneliti kemampuan reading comprehension STAIN Palangkaraya antara berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) dan berlatar belakang pendidikan sekolah umum (SMU), berdasarkan hipotosa yang dikemukakan penulis, yaitu "Ada perbedaan kemampuan reading comprehension mahasiswa STAIN Palangkaraya antara berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) dan berlatar belakang pendidikan sekolah Umum (SMU)".
Untuk mengetahui perbedaan kemampuan tersebut, maka digunakan rumus uji hipotesa yaitu "t" tes.

Setelah diadakan penelitian kepada 40 orang mahasiswa yang berbeda latar belakang pendidikannya, yaitu 20 orang berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) dan 20 orang berlatar belakang pendidikan sekolah umum (SMU), maka didapat hasil to sebesar 5,57, jika dikonsultasikan dengan t (t. tabel) baik taraf signifikan 5% maupun 1%, ternyata hasil tersebut lebih besar dari 2,02 dan 2,71. Hal ini berarti bahwa apabila besar dari maka hipotesa alternatif (11) diterima, dan hipotesa nihil (1) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan reading comprehension mahasiswa berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) dan berlatar belakang pendidikan nekolah Umum (SMU). Dengan pembuktian penelitian ini, maka diharapkan pada mahasiswa agar dapat meningkatkan lagi kemampuan berbahana Inggris, khususnya mengenai reading comprehension, apar mahasisa STAIN tidak tertinggal dari mahasiswa lain, khususnya mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah agama (MA) agar lebih menyadari dan menyukai Bahasa Inggris tersebut karena hal tersebut sangat penting dalam memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Latar belakang pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:01
Last Modified: 08 Jan 2025 04:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item