Hatinah, Hatinah (1998) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Metode Pengajaran Dalam Psp Pai Pada Madrasah Ibtidayah Negeri Langkai Dan Mis Islamiyah I Dan II Kelurahan Pahandut. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
268_HATINAH_8915003825_1998.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang pendidikan guru sangat berpengaruh terhadap kemampuan merencanakan metode pengajaran. Ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses belajar mengajar khususnya dalam penyusunan PSP PAI. Hal ini untuk memudahkan guru dalam tugas mengajar serta tujuan belajar mengajar dapat pula di capai dengan efektif dan efiseien.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana pengaruh latar belakang pendidikan guru dalam kemampuan merencanakan metode pengajaran dalam PSP PAI, dengan mengambil lokasi penelitian pada Madrasah Ibtidayah Negeri dan Swasta di Kotamadya Palangkaraya.
Dalam mempelajari masalah di atas maka yang akan diteliti atau yang akan dijadikan sampel yaitu sebanyak 12 orang guru dari 3 Madrasah Ibtidayah Negeri dan Swasta yang mengajar bidang studi PAI, pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Untuk mengkaji masalah di atas dianalisa secara kualitatif yaitu diuji dengan melihat benar kecilnya sebaran presentase pada kategori dalam penelitian ini. Dan juga dianalisa secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus statistik uji korelasi (r) Produckt Moment selanjutnya dicari dengan rumus Regresi Linier Sederhana.
Setelah penulis mengadakan penelitian ke 3 Madrasah tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh latar belakang pendidikan guru dengan kemampuan merencanakan metode pengajaran dalam PSP PAI terdapat korelasi dimana (r) = 0,4342277, sedangkan angka indeks korelasi berkisar antara 0,40-0,70 menunjukkan korelasi sedang. Dan dari perhitungan regresi linier sederhana dimana nilai a = 2,426 dan b 0,024.
Adapun tingkat latar belakang pendidikan guru pada presentase rendah dengan presentase sebesar (58,33%) dan tingkat kemampuan merencanakan metode pengajaran dalam PSP PAI pada presentase tinggi dengan presentase sebesar (66,66%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pengajaran, Pendidikan guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 01:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 04:17 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5680 |
Actions (login required)
View Item |