Ernawati, Ernawati (1998) Studi Korelasi Tingkat Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Dengan Kedisiplinan Belajar Di Rumah Pada Mtsn Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.
Text
262_ERNAWATI_9215014326_1998.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keberhasilan Proses Belajar Mengajar di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kedisiplinan dari unsur-unsur pada lembaga pendidikan tersebut terutama kedisiplinan siswanya dalam melaksanakan tata tertib. Siswa mennati tata tertib yang berlaku demi tegaknya kedisiplinan di sekolah.. Agar siswa belajar lebih maju ia harus disiplin dalam melaksanakan tata tertib dan disiplin belajar di rumah.
Berdasarkan fenomena di atas penulis ingin mengadakan penlitian di MTsN Amuntai tersebut dengan judul "Studi korelasi tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib dengan kedisiplinan belajar di rumah". Dengan maksud ingin mengetahui bagaimanaa tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah pada MTsN Amuntai, bagaimana kedisiplinan siswa belajar di rumah pada MTsN Amuntai, ingin mengetahui hubungan antara tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar dirumah. pada MTsN Amuntai.
Berdasarkan pengamatan di lapangan penulis merumuskan hipotesa sebagai berikut Ada hubungan positif antara tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar di rumah.
Untuk mengetahui kebenaran hipotesa yang diajukan maka dilakukan analisa dengan obyek penelitian adalah siswa dengan jumlah populasi 253 orang siswa dan yang dijadikan sampel 50 orang siswa dengan menggunakan tehnik porposive random sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan tehnik observasi, wawancara, quesioner dan dokumentasi, sehingga dapat diketahui bahwa tingkat kedisiplinan siswa melasanakan tata tertib sekolah pada MTSN Amuntai dengan katagori tinggi sebanyak 29 orang siswa (58%), sedangkan dengan katagori sedang sebanyak 19 orang (38%), sedangkan dengan katagori tidak pernah sebanyak 2 orang (4) Begitu juga dengan kedisiplinan siswa belajar dirumah pada MTSN Amuntai dengan kategori tinggi sebanyak 17 orang siswa (34%), sedangkan dengan kategori sedang sebanyak 24 orang siswa (48%) dan dengan kategori tidak pernah sebanyak 9 orang siswa (18 %).
Adapun hubungan antara tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar di rumah setelah diadakan perhitungan phi (0) = 0,6237503 (0623). Menurut Anas Sudijono bahwa 0,40- 0,70 menunjukkan korelasi yang sedang atau cukup, kemudian dikonsultasikan taraf signifikan 5% 0,273 dan taraf signifikan 1% 0,354, dengan demikian hasil perhitungan phi (8 lebih besar jika dibandingkan dengan "r" tabel, baik pada taraf signifikan 5 maupun 18 berarti Ha (Hipotesa aternatif) diterima Ho (hipotesa nihil) di tolak. Selanjutnya phi (6) disubstansikan pada "t" hitung diperoleh nilai taraf signifikan 58 201 dan pada taraf signifikan 18 = 2,68. Dengan demikian harga phi (8) lebih besar dari "t" tabel baik pada taraf signifikan 58 maupun 18. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan. antara tingkat kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar dirumah pada MTSN Amuntai Hulu Sungai Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin siswa, Tata Tertib Sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:03 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:03 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5671 |
Actions (login required)
View Item |