Huri, Daman (1998) Studi Banding Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Yang Berlatar Belakang Madrasah Diniyah Dengan Non Madrasah Diniyah Di Sltp Negeri 3 Kahayan Hilir Di Jabiren Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.
Text
260_DAMAN HURI_9215014325_1998.pdf Download (3MB) |
Abstract
SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas adalah salah satu lembaga pendidikan yang dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pada sekolah tersebut terdapat sebagian siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. Dengan kata lain, di SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas terdapat siswa yang berlatar belakang Madrasah Diniyah dan Non Madrasah Diniyah. Dari perbedaan latar belakang pendidikan ini diduga akan membawa terjadinya perbedaan aktivitas siswa dalam belajar pendidikan agama Islam, maka dilakukan penelitian di SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas dengan judul : "Studi Banding Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam antara Siswa yang Belatar Belakang Madrasah Diniyah dengan Non Madrasah Diniyah di SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas".
Tujuan penelitian ingin mengetahui bagaimana aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa yang berlatar belakang Madrasah Diniyah, Bagaimana aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa yang berlatar belakang Non Madrasah Diniyah dan apakah ada perbedaan aktivitas belajar pendidikan agama Islam antara siswa yang berlatar belakang Madrasah Diniyah dengan yang Non Madrasah Diniyah di SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas.
Dengan diketahui ada atau tidaknya perbedaan aktivitas belajar pendidikan agama Islam antara siswa yang berlatar belakang Madrasah Diniyah dengan Non Madrasah Diniyah, maka penelitian ini mempunyai arti yang berguna sebagai bahan informasi bagi semua pihak yang terkait, di dalam meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas melalui metode observasi, dokumenter dan wawancara kepada Kepala Sekolah, Kepala Urusan Tata Usaha dan Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam serta Angket kepada 66 siswa, maka dapat diketahui nilai melalui perhitungan tes "t" dengan to sebesar 0,07135. Karena to yang perhitungan lebih kecil dari t diperoleh melalui tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% yaitu 2.00 > 0,07135 <2.65. Ini berarti Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa adanya perbedaan latar belakang pendidikan antara siswa yang berlatar belakang madrasah Diniyah dengan yang Non Madrasah Diniyah di SLTP Negeri 3 Kahayan Hilir di Jabiren Kabupaten Kapuas tidaklah membawa perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa di sekolah.
Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak yang terkait untuk dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga dapat memberi motivasi siswa untuk dapat selalu meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama Islam yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI, Aktivitas belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 07:14 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:14 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5669 |
Actions (login required)
View Item |