Pengaruh Sistem Evaluasi Guru Pamong Dalam Pelaksanaan Ppl Ii Terhadap Aktivitas Mengajar Mahasiswa Di Smu Se-Kodya Palangkaraya (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Iain Antasari Palangkaraya)

Arbuni, Arbuni (1998) Pengaruh Sistem Evaluasi Guru Pamong Dalam Pelaksanaan Ppl Ii Terhadap Aktivitas Mengajar Mahasiswa Di Smu Se-Kodya Palangkaraya (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Iain Antasari Palangkaraya). Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.

[img] Text
255_ARBUNI_9215014305_1998.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sistem evaluasi adalah suatu cara yang saling terkait dalam memberikan penilaian dengan menggunakan instrumen tertentu dan hasilnya dibandingkan dengan tolok ukur guna memperoleh suatu kesimpulan. Karena itu setiap guru pamong sudah seharusnya menggunakan sistem evaluasi yang baik, karena dengan sistem evaluasi yang baik diharapkan aktivitas mengajar mahasiswa yang melaksanakan PPL II semakin baik pula. Oleh karena itu dipandang perlu melakukan penelitian tentang ada tidaknya pengaruh sistem evaluasi guru pamong terhdap aktivitas mengajar mahasiswa yang berlokasi di empat sekolah yaitu SMUN 1, SMUN 2, SMUN 3 dan SMU Muhammadiyah Palangkaraya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka diajukan rumusan masalah penelitian; bagaimana sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya, bagaimana aktivitas mengajar mahasiswa dan apakah ada hubungan sistem evaluasi terhadap aktivitas mengajar, dan apakah ada pengaruh sistem evaluasi terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya, dengan tujuan untuk mengetahui sistem evaluasi guru pamong, untuk mengetahui aktivitas mengajar mahasiswa, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengurus sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya, sehingga diketengahkan hipotesa pertama ada hubungan antara sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya, dan hipotesa kedua ada pengaruh antara sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya.

Penelitian ini ditujukan kepada 10 orang guru pamong dan 27 orang mahasiswa yang berada di SMUN 1, SMUN 2, SMUN 3, dan SMU Muhammadiyah Palangkaraya, sehingga semua guru pamong dan semua mahasiswa tersebut dijadikan populasi. Selanjutnya data diklasifikasikan menjadi data tertulis dan data tidak tertulis, yang digali dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan dan diolah dengan tahapan editing, coding, tabulating, dan analizing. Untuk mengetahui korelasi hubungan dua variabel yang diteliti, data yang disajikan dalam tabel korelasi dan diolah dengan rumus masing-masing, hipotesa pertama product moment dan dilanjutkan dengan t hit. Sedangkan hipotesa kedua dengan rumus regresi Linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem evaluasi guru pamong berada pada kualifikasi 40% dimana masing-masing tinggi 60%, sedang 2,2% dan terendah tidak ada (0%). Sedangkan aktivitas mengajar mahasiswa berada pada kualifikasi 2,46 dimana tinggi 51,85% sedang 33,33% dan terendah 14,82%, antara sistem evaluasi guru pamong dengan kualifikasi tinggi Halaman 6/15575 dapat korelasi pada kualifikasi tinggi. Dimana r xy 0,78 berada diantara 0,70 - 0,90 pada tabel interpretasi product moment, dan t hit 3,56 lebih besar dari t tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yang masing- masing 2,31 dan 3,36. Adapun pengaruh sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa dimana menurut perhitungan a 1,52 dan b = 0,37 atau y = (1,52+0,37), yang artinya setiap kenaikan 1 satuan x akan mengakibatkan kenaikan 0,37 satuan y, dengan demikian dapat dinyatakan adanya pengaruh sistem evaluasi guru pamong terhadap aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya dan dapat dinyatakan "semakin baik sistem evaluasi guru pamong, maka semakin baik pula aktivitas mengajar mahasiswa di SMU se-kodya Palangkaraya", sehingga hipotesa I dan II teruji kebenarannya, dan diterima meyakinkan. Secara meyakinkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru pamong, PPL, Aktivitas mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:37
Last Modified: 02 Jan 2025 03:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item