Studi Tentang Efektivitas Penerapan Cbsa Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Tumbang Tahai I Dan Iv Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka Raya

Alprid, Alprid (1998) Studi Tentang Efektivitas Penerapan Cbsa Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Tumbang Tahai I Dan Iv Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.

[img] Text
254_ALPRID_9115011651_1998.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai tujuan pendidikan seperti yang telah ditetapkan dalam Tap MPR No. II/MPR/1993 pada GBHN.

Salah satu sistem pengajaran yang mengacu dan relevan. dengan GBHN yang siswanya menjadi pusat perhatian dalam pengajaran adalah sistem CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).

Terlihat bahwa Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) merupakan suatu pendekatan yang diterapkan dalam proses belajar mengajar menitik beratkan pada keaktifan peserta didik, baik secara fisik, mental, Intelektual, maupun emosionalnya sehingga hasil belajarnya yang berupa keterpaduan antara aspek kongnitif, afektif dan psikomotor dapat tercapai optimal.

Dalam penelitian ini perumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana cara guru menerapkan model pengajaran CBSA dalam kegiatan pembelajaran PAI dan efektivitas penerapan CBSA dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Tumbang Tahai I dan IV. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan CBSA dalam proses belajar mengajar PAI dan mengetahui efektivitas penerapan CBSA dari aspek kegiatan belajar siswa dalam pembelajaran serta efektivitas penerapan CBSA dari aspek kegiatan pembelajaran. yang dilakukan oleh guru di Sekolah Dasar Negeri Tumbang Tahai I dan IV.

Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang beragama islam yang berjumlah 284 orang dan 2 orang guru. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian sebanyak 87 orang siswa dan 2 orang guru sebagai informen. Adapun dalam perhitungan digunakan rumus persentase sebagai berikut :
P=F/N X 100%

Dimana :
P= Persentase
F = Frekuensi
N = Jumlah responden (Sample)

Setelah penulis melakukan penelitian di SDN Tumbang Tahai I dan IV, dengan sampel 87 orang siswa yang beragama Islam dan 2 orang guru PAI dinyatakan bahwa penerapan CBSA dari aspek kegiatan belajar siswa dalam proses belajar mengajar cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan penerapan CBSA dilihat dari aspek kegiatan belajar mengajar guru PAI efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil dokumentasi, observasi dengan wawancara dan angket yang diedarkan serta hasil yang diperoleh dari informan menunjukan bahwa 95.45 dari tabel yang ada menerima. Hal tersebut di atas menujukan bahwa penerapan sistem CBSA dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa di SND Tumbang Tahai I dan IV efektif.

Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan para guru dan siswa SDN Tumbang Tahai I dan IV dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi pengajaran dengan slatem CBSA agar tercapai tujuan pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Siswa aktif, Aspek kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:28
Last Modified: 02 Jan 2025 03:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5663

Actions (login required)

View Item View Item