Studi tentang Penerapan Strategi Belajar Mengajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Penaruhnya Terhadap Tingkat Penugasan Agama Islam Di Smp Se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara Tahun Pelajaran 1996/1997

Sulastri, Titik (1997) Studi tentang Penerapan Strategi Belajar Mengajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Penaruhnya Terhadap Tingkat Penugasan Agama Islam Di Smp Se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara Tahun Pelajaran 1996/1997. Undergraduate thesis, IAIN Palngka Raya.

[img] Text
246_TITIK SULASTRI_9115011787_1997.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi belajar mengajar adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Strategi belajar mengajar dilaksanakan pada semua mata pelajaran. termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islem di Sekolah Menengah Pertama So Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui ada tidaknya hubungan dan ada tidaknya pengaruh antara penerapan strategi belajar mengajar terhadap tingkat penguasaan siswa SMP se Kecamatan Lehet Kabupaten Barito Utara.

serta ingin mengetanui pola pengaruh penerspan atretergi belajar mengajar terhadap tingkat penguasaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kecamatan Lahei Kabupaten Barito tara.

Hipotesis yang diajukan adalahh ada hubungan antara penerapan strategi belajar mengajar terhadap singkat penguasaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 41 SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara. dan ada pengaruh entara penerapan stratergi belajar mengajar terhadap tingkat penguasaan sawa dalam mata pelageran Pendidikan Agema Islam di SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Barita Utara, serta semakin baik penerapen strategi belajarr mengajar maka semakin tinggi tingkat penguasaan siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Rarito Utara.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang heragama Islam di SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Itara. yara berjumlah 249 siswa, kemudian digunakan teknik purposive sample yaitu menetapkan siswa kelas IJ di SMP Be Kecamatan Lohet sebanyak 78 siswa yang beragama Islam dan samuanya dijadikan sampel, sehingga penelitian ini disebut Lenelitian populasi. Ditambah 4 rang guru Pendidikan Agama islam di SMF se Kecamatar Lahel sebagi informen. Pegumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi, angket, observasi dan wawancara.

Dalam uji hipotesa pertam digunakan mus Koefisien Kontengensi (KK) den dilanjutkan dengan udi Phi (6) ksmidian dikonsultasikan dengan r tabel. reduct moment. Dea untuk mengetahui signifikansi digunalian rumus t-hit, etandetags hora -hitung dikonsultosikal. cons tentebih terulu mencari df = M- tabel, dancan nasil serhitungan meka diperoleh nilai 0.54. Menurut Anas Sudi, no bahwa 6.78 .

Kemudian diperoleh Ha-nya diterima. Untuk mengetahui signifikansinya perhitungan digunakan rumus ujit-hitung, yaitu 13.63 lebih besar dari t-tabel taraf signifikansi hasil t-hit = 1% = 2.64 dan taraf signifikansi 5% 1.99. Hala ini berarti ada hubungan yang signifikan antara penerapan strategi belajar mengajar terhadap tingkat penguasaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara. Kemudian untuk menguji hipotesa kedua digunakan rumus regresi. Diperoleh a 0.86 dan b 0.57. maka ditarik garis Y 0.86 0.57 (1) dimana setiap kenaikan kesatuan X akan menyebabkan kenaikan Y atau sama dengan 1.43 dan seterusnya. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan strategi belajar mengajar terhadap tingkat penguasaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP se Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara, atau semakin baik penerapan strategi belajar mengajar maka semakin tinggi tingkat pengusaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Setelah mengetahui hasil penelitian tentang penerapan strategi belajar mengajar dan tingkat pengusaan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP se Kec. Lahei Kab. Barito Utara, penulis menyarankan kepada guru-guru khususnya guru-guru Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat menggunakan alat peraga dalam kegiatan belajat mengajar. Runa meningkatkan kualitas pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:24
Last Modified: 27 Dec 2024 07:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5640

Actions (login required)

View Item View Item