Peranan Majlis Ta'lim Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya

Murdi, Masrani (1990) Peranan Majlis Ta'lim Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.

[img] Text
017_MASRANI MURDI_8515007077_1990.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang pelaksanaan Majlis Ta'lim di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya, partisipasi dan keaktifan anak usia remaja dalam mengikuti kegiatan Majlis Ta'lim Kelurahan Pahandut serta tingkah lakunya.

Masalah pokok dalam penelitian ini ialah bagaimana pengelolaan kegiatan Majlis Ta'lim Kelurahan Pahandut dalam rangka merobah tingkah laku anak usia remaja dan sejauh mana hubungan antara keaktifan dan perbatian anak usia remaja dalam mengikuti kegiatan Majlis Ta'lim dengan tingkah - lakunya sehari-hari dalam pergaulan.

Penelitian ini berupaya untuk mempelajari tentang pengelolaan dan pengorganisasian Majlis Ta'lim di Kelurahan Pahandut yang dikatagorikan cukup baik, dan menguji hubungan antara aktivitas anak usia remaja dalam mengikuti kegiatan Majlis Ta'lim dengan perobahan tingkah-lakunya.

Dengan demikian penelitian ini berusaha untuk mengetahui peranan dari Majlis Ta'lim dalam pembinaan dikalangan remaja dan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara ke aktifan dan perhatian remaja tersebut dengan tingkah-laku- nya.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pahandut ter hadap remaja Islam yang berjumlah 620 orang yang tergabung dalam 3(tiga) buah mesjid, 28(dua puluh delapan) Majlis Ta lim langgar dan 3(tiga) buah Majlis Ta'lim masyarakat. Dari jumlah tersebut diambil contoh sebanyak 20 dari 620 yaitu 124 orang.

Data-data dari penelitian ini diperoleh dari hasil angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul disajikan dalam bentuk tabel, komudian dari tiap-tiap tabel diberikan interprentasi.

Untuk melengkapi data dalam penelitian ini diperoleh dari Kepala Kelurahan Pahandut beserta aparatnya, pengurus mesjid/langgar, juru dakwah dan tokoh-tokoh masyarakat.

Penelitian ini berupaya menyajikan data secara deskriptif dan diuji dengan mempergunakan rumus korelasi antara variabel X dan variabel Y. Dan untuk mengetahui signi fikan atau tidak, maka hasil t hit. dapat dibandingkan dengan & tabel.

Dari hasil analisa yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan kegiatan Majlis Ta'lim di Kelurahan Pahandut dilaksanakan dengan baik. Antara keaktifan dan perhatian anak usia remaja dalam mengikuti kegiatan Majlis Ta'lim de ngan tingkah-lakunya terdapat hubungan yang sangat kuat - dan berati (r = 0.89). Den hasil uji signifikan, ternyata antera dua variabel keaktifan dan perhatian anak usia rema ja dalam mengikuti kegiatan Majlis Ta'lim dengan tingkah - Lalanya terdapat hubungan yang signifikan (meyakinkan) yai- tut hit. (21.35) darit tabel (2,576) pada 01.

Kemudian diharapkan adanya koordinasi antara penye lenggara Majlis Ta'lim, juru dakwah dan pemerintah se- tempat serta perlu adanya perhatian dari Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Kotamadya Palangka Raya dalam rangka pembinaan dan pengembangan Majlis Ta'lim. Kepada juru dakwah diharapkan dapat menyesuaikan materi dan metode yang disampaikan dengan tuntutan situasi dan kondisi sehingga tujuan dari dakwah Islamiyah dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Remaja; Majelis Ta'lim;Kegiatan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 22 Dec 2024 03:44
Last Modified: 22 Dec 2024 03:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item