Pengaruh tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran ilmu - ilmu agama di Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya

Chairuddin, Chairuddin (1990) Pengaruh tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran ilmu - ilmu agama di Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.

[img] Text
007_CHAIRUDDIN_8715023913_1990.pdf

Download (16MB)

Abstract

Madrasah Aliyah adalah salah satu lembaga pendidikan menengah, yang menjadikan pendidikan agama sebagai identitas kelembagaannya. Dengan pendidikan agama sebagai identitas kelembagaan madrasah aliyah, maka pendidikan agama merupakan pelajaran pokok, oleh sebab itu mutu siswa/ tamatan madrasah aliyah dapat dilihat diantaranya dari tingkat penguasaan pengetahuan Ilmu-ilmu Agama.

Penguasaan pengetahuan Ilmu-ilmu Agama mempunyai kerterkaitan dengan penguasaan Bahasa Arab, karena sumber pokok pengetahuan agama adalah Al Qur'an dan Al Hadits, serta pelajaran Ilmu-ilmu Agama lainnya yang mempunyai materi berbahasa arab, untuk memahami dan mempelajarinya mela lui pendekatan penguasaan Bahasa Arab. Dengan adanya keterkaitan antara pengetahuan Ilmu-ilmu Agama dengan penguasaan Bahasa Arab, nampak adanya hubungan dan pengaruh antara tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran ilmu-ilmu Agama.

Untuk melihat seberapa jauh hubungan dan pengaruh antara tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pelajaran Bahasa Arab dan Ilmu- ilmu Agama, tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, dirasa perlu adanya penelitian ini. Kepentingan penelitian ini untuk menjawab sejauhmana hubungan dan pengaruh tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa terhadap prestasi be lajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pelajaran Bahasa Arab dan Ilmu-ilmu Agama, tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dan pres tasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama di MAN Palangka Raya. Dengan diketahui ada hubungan dan pengaruh antara tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, maka penelitian ini akan dapat berguna untuk bahan informasi ba gi Kepala MAN Palangka Raya, dalam upaya meningkatkan mu tu pendidikan dan bahan studi ilmiyah untuk peneliti lebih lanjut.

Untuk mengkaji adanya hubungan antara tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, digunakan uji korelasi dengan memakai rumus r, dan selanjutnya untuk mengetahui signifikansi penelitian ini dicari nilai t hit dengan menggu nakan rumus t hit. Selanjutnya untuk menguji pengaruh antara tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama digunakan analisa regresi linier dengan rumus b1 dan a1, untuk mengetahui signifikan dicari nilai f.

Setelah penulis mengadakan penelitian pada MAN Palangka Raya, dengan sampel 113 orang siswa dan 4 orang guru mata pelajaran Bahasa Arab dan Ilmu-ilmu Agama, Kepala MAN dan Kepala Urusan Tata Usaha sebagai informan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter, maka dapat diketahui dan diambil kesimpulan, bah wa pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pelajaran Bahasa Arab dan Ilmu-ilmu Agama di MAN Palangka Raya, kegiatan intra kurikulernya berjalan dengan baik, sedangkan kegiat an ko kurikuler, aktivitas dan pengalaman belajar Biswa yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Arab relatif masih kurang, tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa berada pada tingkat sedang, yaitu dengan nilai rata-rata 6,07, sedang kan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agema berada pada tingkat cukup, dengan nilai ra rata-rata 6,60.

Adapun tingkat penguasaan Bahasa Arab siswa ada mempunyai hubungan yang kuat dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama, dengan nilai korelasi Q 88 dengan perhitungan nilai t hit 26,76 > t tabel 2,62 dengan taraf kepercayaan 99%. Kemudian antara tingkat pe- nguasaan Bahasa Arab siswa ada mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama dengan garis regresi Y = 1,02 + 0,71 X, yang berarti setiap kenaikan 1 satuan X akan menyebabkan kenaikan Y (0, 71+ 1.02) 1,73, dengan nilai F hit 189,2 > F tabel 8,18 pada taraf kepercayaan 99,5 %.

Dengan terbuktinya ada hubungan dan pengaruh antara tingkat penguasaan Bahasa Arab dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu-ilmu Agama di MAN Palangka Raya, diharapkan kepada Kepala MAN Palangka Raya dan guru-guru yang terkait dengan pelajaran tersebut di atas, dalam rang ka upaya meningkatkan mutu pendidikan agama,agar memprioritaskan pelajaran Bahasa Arab melalui peningkatan aktivitas dan efektifitas kegiatan belajar-mengajar Bahasa Arab, baik intra kurikuler maupun ko kurikuler, serta memberi motivasi kepada siswa agar meningkatkan kegiatan belajar Bahasa Arab khususnya diluar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan; Bahasa Arab; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Dec 2024 11:44
Last Modified: 19 Dec 2024 00:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item