Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya

Rahamadi, Rahmadi (2016) Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rahmadi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang dialami guru PAI dalam mengajar, sehingga berdampak pada kurangnya prestasi keagamaan dan ketidak ketercapaian tujuan Pendidikan Agama Islam, dimana salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam adalah membentuk insan yang religius dan berakhlakul karimah. Problem yang ada pada guru diklasifikasikan menjadi 2 yaitu problem internal dan problem eksternal. Berdasarkan masalah yang dirumuskan yaitu problem apa saja yang dihadapi guru PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya dalam proses pembelajaran, yang meliputi 1) Merumuskan perencanaan pembelajaran; 2) Penguasaan materi; 3) Penggunaan metode belajar; 4) Penggunaan media belajar; dan 5) Penguasaan kelas

Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendiskripsikan segala problem guru dalam merumuskan perencanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 2) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan materi PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 3) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menggunakan metode pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 4) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menentukan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 5) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan kelas saat pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitian adalah problem guru dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru mata pelajaran PAI di di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem yang dihadapi dalam merumuskan perencanaan pembelajaran adalah bagaimana menyesuaikan antara materi dengan metode yang pas agar dalam penyampaiannya dapat terlaksana secara maksimal. Metode-metode yang telah direncanakan ternyata tidak dapat digunakan secara maksimal karena alokasi jam belajar yang sangat sedikit, sehingga sebagai solusinya guru SM dan guru LL hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Materi baca al-Quran menjadi masalah terbesar dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 6, hal ini karena kurangnya pembiasaan bagi siswa untuk membaca al-Quran. Selain kurang pembiasaan, ketika peserta didik membaca al-Quran dan terdapat kekeliruan tidak ada koreksi yang dilakukan guru terhadap bacaan anak, bahkan ketika mencontohkan masih terdapat kekeliruan dalam bacaannya. Kelengkapan media yang sangat minim menjadikan guru LL hanya menggunakan papan tulis dan buku paket sebagai media belajar. Kurangnya kemampuan guru dalam mengatur kelas, menjadikan suasanan belajar yang kurang menarik sehingga minat belajar siswa tidak dapat dipertahankan untuk mengikuti proses pembelajaran hingga membuat siswa terlihat bosan ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem; pembelajaran.; Pendidikan Agama Islam; learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Jun 2017 07:03
Last Modified: 07 Jun 2017 07:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item