Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Baru Pangkalan Bun

Patmawati, Patmawati (2016) Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Baru Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik. Kompetensi pedagogik mempunyai peranan penting dalam peningkatan proses belajar mengajar, seperti mengembangkan kurikulum, pengelolaan kelas, penggunaan media dengan memanfaatkan teknologi, penggunaan metode mengajar, melaksanakan penilaian dan sebagainya. Penguasaan kompetensi pedagogik yang baik akan berdampak kualitas pembelajaran yang baik pula, demikian sebaliknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Baru Pangkalan Bun? (2) Bagaimana penyelenggaraan kegiatan pengembangan mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Baru Pangkalan Bun? (3) Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan dan pengembangan mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Baru Pangkalan Bun? (4) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Baru Pangkalan Bun ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 orangguru yang mengajar mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MadrasahIbtidaiyah Negeri Baru Pangkalan Bun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan dalam analisis data yaitu data collection,reduction,display, dan conclution.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru-guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Baru telah mampu menyusun rencana pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan Kurikulum yang diterapkan di Indonesia. (2) Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Baru Pangkalan Bun sudah berjalan dengan baik. (3) Guru-guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis telah mampu mengoperasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa Laptop/Komputer, serta Internet dengan baik. (4) faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadis MIN Baru pun bisa dikatakan baik. a) Latar belakang pendidikan terdiri dari S-1 dan D-2. b) Pengalaman mengajar sudah cukup lama. c) kedua guru sering mengikuti pelatihan. Dengan adanya penelitian ini semoga guru-guru Al-Qur’an Hadis terus meningkatkan kompetensinya.

ABSTRACT

Pedagogical competence is an ability every teachers should have, so their duty as an educator can be done well. It will be difficult to manage the learning if the teacher didn’t own this competence.. pedagogical competence have an important role in improving the teaching and learning process, such as developing a curriculum, classroom management, use of media with the use of technology, the use of teaching methods, carrying out assessments and so on. Master the pedagogical competence will be impacted to the good quality of teaching. The issues in this research are: (1) How is the development of curriculum Quran Hadith subject in MIN Baru Pangkalan Bun? (2) How is the implementation of development activities Quran Hadith subject in MIN Baru Pangkalan Bun? (3) How to use information and communication technology for the benefit of the organization and development of Qur'an Hadith subject in MIN Baru Pangkalan Bun? (4) What factors are affecting the pedagogical competence of Qur'an Hadith teachers in MIN Baru Pangkalan Bun?

This research uses a qualitative approach. The subjects of research are two Qur’an Hadith Teachers in MIN Baru Pangkalan Bun. The data collection was done by using interview, observation, and documentation. The stages of data analysis are data collection, reduction, display, and conclusion.

The results showed that (1) Qur'an Hadith teachers in MIN Baru has been able to prepare lesson plans properly and in accordance with the curriculum applied in Indonesia. (2) The arrangement of the Quran Hadith learning in MIN Baru Pangkalan Bun has been running well. (3) The teachers of Qur'an Hadith has been able to operate the Information and Communication Technology like use Laptop / Computer, and the Internet as well. (4) The factors that affect teachers' pedagogical competence of Quran Hadith teachers in MIN Baru can be also said good. a) The educational background consists of S-1 and D-2. b) Both experience of teaching is long enough. c)both of teachers are often attend the training. By this research hopefully the Qur'an Hadits teachers in MIN Baru keep continue to improve their competence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik; media pembelajaran; pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:38
Last Modified: 07 Jun 2017 03:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item